Penjualan Masih Nampol, Calya Anyar Segera Nongol

Penjualan Masih Nampol, Calya Anyar Segera Nongol
Ilutrasi, Toypta Calya versi yang dipasarkan saat ini - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Toyota Calya mencatatkan penjualan yang lumayan di sepanjang tahun ini – khususnya di rentang waktu Januari hingga Agustus – dengan angka di atas 30.000 unit. Sebab, di kurun waktu yang sama, total penjualan LCGC dari berbagai merek dan model tercatat hanya 100.792 unit.

Data yang disampaikan PT Toyota Astra Motor (TAM) akhir pekan lalu menunjukan, di delapan bulan pertama tersebut Toyota Calya mencatatkan penjualan dari diler ke konsumen atau ritel sebanyak 36,4 ribuan unit. Sedangkan penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sebanyak 30,3 ribuan unit.

Toyota, seperti diungkapkan Marketing Director TAM, Anto Jimmi Suwandy, masih akan terus menjajakan mobil LCGC karena berbagai pertimbangan. Pertama, kata dia, mobil ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia terutama oleh mereka yang baru pertama atau first buyer membeli mobil.

“Jumlah first buyer itu (di segmen LCGC) jumlahnya mencapai 60%,” kata Anton saat ditemui Motoris sebelum pembukaan acara Toyota Fun/Code 2019, di Jakarta, pertengahan Agustus lalu.

Toyota Calya versi baru yang fotonya banyak beredar di dunia maya – dok.Istimewa

Kedua, segmen LCGC telah menyumbangkan nilai positif terhadap industri di dalam negeri, terutama industri komponen. Karena tingkat kandungan lokal mencapai 90% lebih.

“Selain itu investasi yang dtanamkan di segmen ini juga sangat signifikan (menurut PT Surveyor Indonesia mencapai Rp 19 triliun lebih). Dan yang ketiga, porsi LCGC terhadap total penjualan mobil di nasional itu mencapai 20%, sayang kalau ditinggal begitu saja,” ungkap Anton.

Pernyataan senada diungkapkan Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indoesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto. Bahkan dia menyebut, LCGC tidak akan bertentangan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

“Karena tingkat emisi LCGC itu masih rendah. Dan memang tantangan dari industri saat ini bagaimana bisa menciptakan teknologi yang menekan tingkat emisi,” ujar dia.

Calya, LCGC tujuh penumpang atau MPV segmen entry level – dok.Motoris

Sementara, saat ini dikabarkan bakal segera muncul versi facelift Toyota Calya. Serangkaian foto model anyar itu telah berdar di dunia maya sejak beberapa waktu lalu. “Iya, kami sedang menyiapkannya. Tunggu saja, tidak lama lagi,” ujar Anton saat dihubungi belum lama ini tanpa bersedia menyebutkan jadwal pasti

Namun, undangan dari PT TAM yang diterima Motoris, Senin (9/9/2019) menyebut peluncuran Calya versi anyar akan dilakukan pada pekan depan. Pastinya, Senin (16/9/2019) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This