Toyota Bikin Varian Baru Platform TNGA, Yaris Anyar Awali

Toyota Bikin Varian Baru Platform TNGA, Yaris Anyar Awali
Varian baru platform TNGA yakni TNGA-B yang untuk pertama akan digunakan oleh Toyota Yaris terbaru - dok.Autocar

Alabama, Motoris – Setelah berhasil melakukan diversifikasi platform Toyota New Global Architechture (TNGA) ke dalam beberapa varian – yakni TNGA-N, TNGA- K, dan TNGA-C – kini Toyota Motor Corporation (TMC) kembali menghasilkan varian anyar yakni TNGA-B. Kabarnya, platform anyar yang diklaim memberikan sejumlah keuntungan baru itu penggunaannya diawali oleh Toyota Yaris versi paling anyar.

Seperti dilaporkan laman Autocar, belum lama ini, Toyota menyebut platform anyar ini dengan GA-B. “Pabrikan asal Jepang ini menyebut fokusnya adalah bagaimana meningkatkan desain dan kenyamanan mengemudi sebuah mobil kecil,” tulis media tersebut.

Namun, yang jauh lebih penting adalah, dengan platform anyar itu pula – dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda – Toyota bisa memperbanyak ragam mobil kecil dengan gaya desain bodi yang berbeda, selain Toyota Yaris. “Karena (platform ini) memberikan kebebasan dalam membuat tampilan yang berbeda-beda dan lebih individual,” sebut seorang desainer Toyota.

Platform TNGA-B yang digunakan Toyota Yaris mampu membuat kabin lebih lapang – dok.Motor1

Laman Motor1 melaporkan, platform GA-B bakal memungkinkan pengendalian mobil jauh lebih baik. Dengan platform ini, bagian bawah bodi mobil lebih kaku namun dengan bobot yang lebih ringan. Posisi duduk pengemudi dibuat lebih rendah dan agak ke tengah.

Alhasil titik gravitasi juga berada di tengah dan lebih rendah. Posisi tersebut membuat stabilitas mobil semakin mendekati sempurna. Lebih dari itu, posisi pengemudi pun akan jauh lebih baik.

Kelebihan lain yang ditawarkan platform anyar GA-B ini adalah titik bagian atas yang rendah dan titik bawah yang lebih lebar. Kondisi ini ibatanya memberi kanvas bagi para desainer untuk memuat tampilan visual mobil jauh lebih menarik.

Ilustrasi, Toyota Yaris model 2020 saat di tes di Nurburgring, Jerman – dok.Autocar

Dan yang tak kalah menarik, penggunaan platform baru tersebut juga memungkinkan penggunaan wheelbase yang lebih lebar dan panjang. Dengan demikian, ruang kabin mobil akan lebih lapang.

Sederet keunggulan itulah yang akan diwujudkan Toyota di Toyota Yaris anyar. Di Amerika Serikat, Yaris paling gres itu akan diproduksi di Alabama.

Sekadar catatan, sejulah varian platform TNGA telah digunakan oleh beberapa model Toyota.  Varian TNGA-C misalnya digunakan Toyota C-HR, Toyota Prius, dan Toyota Corolla. Sedangkan Toyota Camry, Lexus ES, dan Toyota RAV4, telah menggunakan varian platform TNGA-K.

Adapun varian TNGA-N digunakan oleh model-model mewah bikinan Toyota seperto Lexus LC dan LS series. Selain itu, digunakan oleh Toyota Crown(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This