Meski di Pedesaan, “Mobil Pak Tani” Pakai Dashboard Kekinian

Meski di Pedesaan, “Mobil Pak Tani” Pakai Dashboard Kekinian
Interior e-AMMDes, dengan dashboard pintar yang menyajikan layar bersi berbagai informasi - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Produsen Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau yang juga disebut dengan “Mobil Pak Tani” PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) mengaku meski kendaraan serbaguna itu diperuntukan bagi kegiatan masyarakat di pedesaan, namun akan dilengkapi smartdashboard. Beragam fungsi dengan dukungan teknologi digital terkini tersaji di dashboard pintar tersebut.

Seperti diungkapkan Presiden Direktur KMWI, Reiza Treistanto dashboard itu akan disematkan di e-AMMDes atau Mobil Pak Tani versi listrik. “Smartdasboard itu nantinya berfungsi menampilkan aneka informasi kepada orang yang menggunakan kendaraan ini. Ada sejumlah fitur yang trsaji pada layar itu,” papar dia di sela Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di Jakarta, belum lama ini.

Dashboard pintar itu, lanjut Reiza, terkonksi dengan ponsel pintar pengguna. Bahkan, sejumlah fitur dan aplikasi di posel itu juga bisa dimanfaatkan atau berfungsi saat terkoneksi dengan dashboard tersebut.

“Tetapi informasi dasar atau utama yang tersaji di layar dashboard itu antara lain laju kecepatan mobil, kemudian jarak tempuh, status baterai, hingga status motor listrik. Mengapa disebut informasi dasar, karena informasi ini terkait dengan fungsi utama perangkat utama kendaraan AMMDes listrik ini. Tetapi fungsi lain dari aplikasi di ponsel seperti peta, internet, dan lain-lain juga bisa dimanfaatkan,” jelas Reiza.

e-AMMDes saat dipamerkan dan uji jalan di arena Indonesia Electric Motor Show 2019 di Balai Kartini, Jakarta – dok.Motoris

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika … Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto, yang ditemui di tempat yang sama dalam kesempatan berbeda mengatakan, fitur dasar di dashboard itu merupakan bukti bahwa AMMDes listrik juga tidak kalah dengan kendaraan listrik lainnya.

“Artinya, ini akan menjadi daya tarik. Apalagi kalau fitur-fiturnya bukan sekadar fungsi dasar saja, ada internet, ada peta, ada navigasi, bahkan kalau ada hiburan,” kata dia.

Harjanto mengatakan, kebanggaan terhadap AMMDes – yang merupakan produk karya anak negeri Indonesia – perlu dibangun.

AMMDes di GIIAS 2018 – dok.Motoris

“Nah, membangun rasa memiliki itu tentunya bukan hanya melalui promosi saja, tetapi juga dengan langkah nyata. Fiturnya bagus misalnya, nah dengan dashboard pintar itu kan sudah mulai. Jadi diharapkan bisa membangun kebangaan ketika menggunakannya bagi para pemakainnya, karena juga menggunakan teknologi terkini,” jelas dia. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This