Baru Dijual di RI, Kiprah Mobil Listrik BMW i3 akan Disudahi

Baru Dijual di RI, Kiprah Mobil Listrik BMW i3 akan Disudahi
Ilustrasi, mobil listrik BMW i3 - dok.Motoris

Munchen, Motoris – Pabrikan otomotif kondang asal Muenchen, Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW) AG meniupkan kabar yang tak menggembirakan terkait dengan mobil listrik BMW i3. Pabrikan yang juga pemilik merek MINI dan Rolls-Royce itu memberi isyarat kuat tak akan meneruskan pengembangan mobil bersumber tenaga dari setrum tersebut.

“Tidak ada rencana khusus untuk penerus i3. Kami saat ini membawa (mobil-mobil) elektrifikasi lebih (mengarah) ke model (mobil elektrifikasi) yang lebih mainstream (tengah menjadi tren),” tutur Kepala Penjualan BMW, Pieter Nota, kepada Financial Times dan dikutip laman Electrive, Senin (16/9/2019).

BMW, lanjut Nota, masih akan tetap menjual mobil listrik tersebut. Namun, di masa mendatang, hingga siklus waktunya tiba, tidak akan ada pengganti atau model baru BMW i3. Alasannya, pabrikan akan berkonsentrasi pada mobil yang berteknologi berbasis baterai (listrik murni) dan teknologi plug-in, tetapi berbasis model-model yang ada dan laris di pasar.

Tampilan belakang BMW i3 – dok.Motoris

Dengan kata lain, pabrikan yang beroperasi sejak tahun 1916 ini tidak ingin berinvestasi untuk mengembangkan lebih lanjut BMW i3. Sejumlah portofolio model elektrifikasi baru pun telah disiapkan sebagai model tahun 2021.

Diantaranya, BMW i4 – yang dibangun berbasis Seri 3 dengan modifikasi pada bagian bodi – dengan menggunakan basis baterai. Selain itu ada i5 yang berbasis BMW Seri 5 dan iX5 yang berbasis SUV BMW X5.

Bahkan, ada model BMW i7 yang menggunakan basis BMW Seri 7 generasi ketujuh atau generasi paling anyar. Sehingga, BMW Seri tujuh itu bakal mempunyai jumlah varian model yang beragam mulai dari yang berteknologi listrik murni (baterai), plug-in hybrid, hingga bermesin pembakaran internal (konvensional). Dan sebaliknya, BMW i3 secara perlahan namun pasti, akan menemui ajalnya.

Ilustrasi, interior BMW i3 – dok.Motoris

Sejatinya, seperti diakui Nota, kinerja penjualan BMW i3 sendiri lumayan moncer. Mobil yang diluncurkan tahun 2013 dan ditujukan untuk mengetes pasar itu, hingga Agustus kemarin sudah terjual BMW total sudah menjual 157.129 unit. “Ya, kinerja penjualan i3 sejauh ini sangat bagus,” ucap dia.

Di Indonesia, mobil ini diluncurkan dan mulai dijual di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, pertengahan Juli lalu. Banderolnya Rp 1,29 miliar off the road. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This