Tahun Ini Penjualan Truk Eropa di Indonesia Merana

Tahun Ini Penjualan Truk Eropa di Indonesia Merana
Ilustrasi truk Volvo FMX - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan truk-truk asal Eropa di Indonesia hingga akhir tahun nanti diperkirakan hanya sebanyak 1.500 – 1.800 unit saja atau menyusut banyak dibanding tahun lalu yang sebanyak 2.400 – 2.500 unit. Musababnya, sektor yang dibidik truk-truk ini, yakni sektor pertambangan, hingga kini kinerja masih melandai.

Seperti diungkapkan Presiden Direktur PT Indotruck Utama yang merupakan agen pemegang merek Volvo Truck di Tanah Air – Bambang Prijono – kurang lebih 90% truk-truk asal Eropa membidik perusahaan pertambangan batubara. “Sampai saat ini kan harga batubara turun ya, sehingga demand (permintaan) truk juga turun,” kata dia di sela acara Mining Expo, di JiExpo, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Pernyataan Bambang sesuai dengan apa yang dipaparkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di gedung BPS, Jakarta, awal Agustus lalu. Dia mengungkapkan baik di kuartal pertama maupun di kuartal kedua, sektor pertambangan dan galian pertumbuhannya minus.

“Dari pertumbuhan ekonomi yang ada seluruh sektor positif kecuali pertambangan yang tumbuh -0,71%,” kata dia.

Bahkan, di kuartal kedua sejumlah sektor pertambangan juga mencatakan penurunan kinerja produksi. Misalnya, produksi biji logam yang susut 25,93%. “Kemudian ada penurunan produksi gas, minyak panas bumi 4,11%. Ini yang kemudian membuat pertambangan jadi satu-satunya yang kontraksi pada triwulan kedua ini,” ujar Suhariyanto.

Ilusttasi, truk Axor Mercedes-Benz – dok.DVCI

Sementara itu, khusus di segmen pertambangan batubara, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia, beberapa waktu lalu mengatakan amblesnya harga batubara di pasar global dikareakan pasokan yang berlebih. Sementara, di saat yang sama, permintaan tak mengalami perubahan alias stagnan.

“Target produksi (dunia) tahun ini hanya 489 juta ton. Tetapi ada kekhawatiran berlebih. Data di semester satu realisasinya melebihi target,” kata dia

Saat ini, ada sejumlah merek asal Eropa yang bermain di pasar kendaraan komersial truk. Diantaranya, Volvo, Mercedes-Benz, dan Scania. (Yus/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This