BBN Naik, Ini Bocoran Harga Baru Mobil Toyota

BBN Naik, Ini Bocoran Harga Baru Mobil Toyota
Ilustrasi, Toyota New Calya - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menargetkan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNK) naik sebesar 2,5%. Bila sebelumnya sebesar 10%, mulai Oktober nanti, menjadi 12,5%.

Para Agen Pemegang Merek (APM) mengaku sudah mengantisipasi hal itu, dan akan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut. Meski, pada saat-saat awal setelah ketentuan itu berlaku berpotensi mempengaruhi penjualan.

“Iya tentu, segala sesuatu yang berkaitan dengan harga akan berpengaruh. Tetapi, kalau kita melihat sbelumnya (kenaikan tarif BBN) yang sudah diberlakukan di Jawa Barat dan Banten, setelahnya memang sempat ada penurunan penjualan. Kami harapkan long term bisa kembali lagi sekitar enam bulan sampai satu tahun normal kembali, karena kendaraan kan memang dibutuhkan oleh masyarakat,” papar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui di sela peluncuran Toyota New Calya, di Jakarta, belum lama ini.

Toyota Innova yang dipajang di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Pernyataan senada diungkapkan Head of Marketing Datsun Indonesia, Christian A.Gandawinata, saat ditemui usai konferensi pers persiapan IMX 2019, di Jakarta, Rabu (11/9/2019). “Kan (di Jakarta) belum berlaku ya. Tetapi yang asti, kami akan mengikuti regulasi yang ditetapkan. Karena ini kan berlaku bagi semua ya (merek dan semua jenis mobil),” kata dia.

Redaksi Motoris sudah mendapatkan bocoran estimasi kenaikan harga on the road sebesar 2,5% yang akan berlaku untuk deretan produk Toyota. Dalam daftar harga yang diterbitan sebuah diler itu terlihat jelas kenaikan harga untuk masing-masing model.

Untuk Toyota Avanza kisaran kenaikanya diperkiran mencapai Rp 4,1 juta, Agya, Rp 3,1 juta, dan Rush sebesar Rp 5,4 juta. Sementara untuk Yaris diprediksi naik hingga RP 5,6 juta, yang disusul oleh Sienta sebesar Rp 5,8 juta.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

Untuk produk premium, seperti Camry bakal naik hingga Rp 13,7 juta, Innova Rp 7,5 juta, dan Fortuner sebesar 11.5 juta. Sedangkan Alphard, kenaikan harga mulai dari Rp 27,5 – 35,9 juta, dan terbesar Land Cruiser yang naik hingga Rp 49 juta. (Sql/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This