Begini Beda antara Honda GTR 150 Anyar di RI dan Vietnam

Begini Beda antara Honda GTR 150 Anyar di RI dan Vietnam
Tampilan Honda SupraGTR150 Exclusive Matte Red - dok.AHM

Jakarta, Motoris – Setelah 15 Juli lalu, Honda di Vietnam menggelontorkan versi baru dari Honda Supra GTR 150 (atau yang di negeri itu dinamai Honda Winer X), PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa hari lalu meluncurkan New Honda Supra GTR 150 yang disebutnya telah mengalami ubahan pada konsep dan desain. Ubahan yang terjadi berbeda jauh dengan yang dilakukan oleh Honda Vietnam.

Padahal, banyak yang berharap Honda Indonesia melakukan ubahan frontal seperti yang dilakukan Honda Vietnam. Hal itu tak lain didasari harapan agar kehadiran Honda GTR 150 versi paling gres ini bisa menggugah gairah pasar motor bebek yang terus lesu.

Dalam pernyataan resmi, Senin (23/9/2019), AHM menegaskan New Honda Supra GTR150 juga hadir dengan fitur unggulan seperti LED Headlight dengan perubahan garnis warna hitam yang memberikan kesan agresif serta dual layer multi reflector. Alhasil, selain lebih bergaya juga mampu memberikan pencahayaan yang luas saat berkendara di malam hari.

Selain itu, Honda Indonesia juga mengubah tampilan front cover dan tailight yang diklaim agar berkesan lebih tajam. Sementara tampilan fender dibuat berbeda dengan lampu sein model terpisah.

Tampilan samping Honda SupraGTR150 Sporty Spartan Red – dok.AHM

“Kami berharap model ini dapat semakin dicintai generasi muda yang menyukai kecepatan dan ingin selalu tampil beda,” kata Marketing Director AHM, Thomas Wijaya.

Ubahan ini jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Honda Vietnam, meski dengan mesin yang sama-sama tak diutak-atik. Honda Winer X (Supra GTR 150 di Vietnam) mendapat banyak ubahan.

Malah, kalau dicermati Honda di negeri itu merombak keseluruhan bodi. Hasilnya, lebih sporty, kekar sekaligus mencuatkan kesan agresif. Lamu utama, misalnya posisinya dipindah, dari dari batok di setang ke tebeng.

Honda juga memberi celah pada bagian belakang yang menguatkan kesan aerodinamis. Knalpot berdesian baru dilengkapi cover. Sedangkan bagian belakang pemisahan lampu rem dengan lampu sein, sama dengan ubahan yang dilakukan Honda Indonesia.

Honda Supra GTR150 atau yang di Vietnam dinamai Honda Winner Facelift – dok.Motorival.com

Tak hanya itu. Honda Vietnam juga menyematkan LED untuk lampu depan, belakang, lampu DRL, hingga lampu sein. Bahkan, peranti Antilock Braking System juga sudah diberikan.

Keinginan konsumen
AHM memang bisa berdalih bahwa apa yang dilakukannya atas dasar masukan keinginan dan harapan konsumen. Namun, jika melihat kondisi pasar segmen motor bebek yang terus menerus mengkerut, sepertinya perlu “gebrakan” lebih, dan harapan seperti ini jauh-jauh hari diharapkan terjadi dengan kemunculan Honda Supra GTR 150 versi anyar ini.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukan, porsi penjualan motor bebek memang terus mengkerut. Fakta berbicara jika di tahun 2009, porsi penjualan motor bebek masih sebesar 51,7 %, pada tahun 2018 lalu tinggal 7,9 % dari total penjualan motor yang sebanyak 6,38 juta unit.

Kondisi ini sejatinya juga tak jauh berbeda dengan yang terjadi di Vietnam. Seperti dilaporkan laman Nikkei, belum lama ini, penjualan motor bebek di negeri itu juga terus menyusut. Tahun 2017, dari 3,2 juta unit motor yang dilego seluruh pabrikan, porsi motor bebek tinggal 20,06%.

Tampilan lampu belakang dan winker Honda Supra GTR 150 versi baru – dok.AHM

Sementara, penjualan skuter matik di waktu yang sama mencapai 60% lebih. Penyusutan juga terjadi di tahun 2018, dimana porsi motor bebek tinggal 16,01%.

Kini, Honda Supra GTR 150 versi anyar di Indonesia dibanderol Rp 23,685 – 23,435 juta on the road Jakarta. Sedangkan di Vietnam, dihargai VND (Vietnam Dong) 45,99 – 49,49 juta atau sekitar Rp 27,5 – 29,6 jutaan. (Sql/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This