Defender Baru Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh, Meski di Off-Road

Defender Baru Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh, Meski di Off-Road
Land Rover Defener 2020 diklaim jauh lebih mumpuni dalam melibas lintasan off-road - dok.Carscoops

London, Motoris – Setelah meluncur dan dipamerkan di hajatan Frankfurt Motor Show 2019 pada 12 – 22 September kemarin, pernah-pernik kabar yang menyertai kehadiran Land Rover Defender versi anyar terus menggelinding. Salah satunya, soal dikembangkannya peranti remote control sebagai alat untuk mengoperasikan mobil dari jarak jauh meski di tengah lintasan off-road.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, Kamis (26/9/2019), kabar ini menyeruak setelah Chief Product Engineer Land Rover, Stuart Frith, menuturkannya kepada media otomotif Autocar. “Kami sudah melakukan tes terhadap prototipe remote control itu. Arsitektur baru di Defender paling anyar itu sangat memungkinkan teknologi semacam ini,” papar dia.

Laman Euronews melansir pernyataan Frith yang mengaku perusahaannya kini menunggu perizinan yang sesuai dengan peraturan. Meski, kata dia, teknologi remote control itu tak berbeda dengan teknologi pengoperasian – maju mundur dan berbelok mobil – dari jarak jauh saat parkir, tanpa melibatan supir.

Land Rover Defender 2020 tangguh, aman, sekaligus nyaman saat menggelinding di turunan dan mendaki tanjakan – dok.Carscoops

Hanya bedanya, mobil yang dikendalikan yaitu Defender berada di lintasan Off-Road. Tujuan dari penggunaan teknologi ini adalah, sebagai antisipasi pengoperasian mobil ketika terjebak di area off-road yang sulit dan membahayakan.

Alhasil, dengan dikendalikan dari jarak jauh maka potensi bahaya yang kemungkinan bisa menimpa pengemudi bisa dihindari. Hanya, Fritz belum menjelaskan secara rinci sistem pengoperasian dari peranti pengendali jarak jauh tersebut.

Dua varian
Seperti diketahui, Land Rover menyuguhkan Degender terbaru dalam dua varian – yaitu seri 90 dan 110 dengan empat pilihan mesin. Keduanya ditawarkan atas masukan dari para loyalis merek ini di seluruh dunia.

Laman Carscoops dan Motor1, Jumat (13/9/2019) melaporkan seri 90 merupakan model dengan tiga pintu. Sedangkan seri 110 dengan bodi lebih panjang memiliki empat pintu. Di seri 110 tersedia pilihan 5, 6, dan 7 tempat duduk.

Pabrikan asal Inggris itu menawarkannya dalam tiga pilihan. Pertama dan kedua adalah mesin berbahan bakar bensin dan solar. Untuk mesin bensin Land Rover Defender disuguhkan dalam dua pilihan, yakni P300 yang bertenaga 296 hp dan P400 bertenaga 395 hp.

Sedangkan untuk mesin diesel berkonfigurasi 4-silinder, juga ditawarkan dalam dua varian. Keduanya adalah, D200 yang bertenaga 197 hp dan D240 dengan semburan tenaga sebesar 237 hp.

Pilihan ketiga atau yang tertinggi adalah bermesin 3.0 liter enam silinder yang dilengkapi sistem mild-hybrid. Paduan ini menghasilkan tenaga hingga 394 hp dengan torsi 550 Nm.

Land Rover Defener terbaru diluncurkan di hajatan Frankfurt Motor Show 2019 – dok.Istimewa

Semua model mendapatkan otomatis delapan kecepatan dengan transfer case dua kecepatan dan Terrain Response. Masing-masing tipe di semua model tersebut juga dilengkapi sistem penggerak empat roda alias four-wheel drive. Sedangkan bedanya, seri 110 memakai suspensi udara, dan seri 90 menggunakan coil spring sebagai standar. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This