Fortuner Diesel Jauh Lebih Laris Terutama di Jawa, Ini Alasannya

Fortuner Diesel Jauh Lebih Laris Terutama di Jawa, Ini Alasannya
Ilustrasi, Toyota Fortuner TRD adalah salah satu model yang disuguhkan Toyota di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) yang merupakan agen pemegang merek Toyota menyuguhkan SUV Ladder Frame Toyota Fortuner dalam dua varian mesin – bensin dan diesel – kepada konsumen di Indonesia. Ternyata, di rentang waktu Januari hingga Agustus lalu, varian bermesin diesel jauh lebih laaris ketimbang varian bermesin bensin.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di delapan bulan pertama itu, varian bermesin diesel – yakni bermesin 2GD-FTV empat silinder 2.4 liter – terjual ke diler (wholesales) sebanyak 10.941 unit. Pada saat yang sama, varian bermesin bensin 2TR-FE empat silinder 2.7 liter hanya terdistribusi sebanyak 631 unit.

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto menyebut varian bermesin bensin paling banyak diminati di wilayah atau provinsi yang kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar lebih banyak. Terutama daerah-daerah yang memiliki industri pertambangan atau perkebunan lebih banyak seperti Kalimantan.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

“Berdasar data kami, Fortuner (bermesin) bensin laku di daerah-daerah yang kebutuhan solarnya tinggi, seperti Kalimantan. Karena mereka (konsumen) tidak mau antre di (stasiun) pompa bensin (BBM) terlalu lama,” ujar dia dalam pesan elektronik kepada Motoris, Kamis (3/10/2019).

Adapun Fortuner bermesin diesel, lanjut pria yang akrab disapa dengan Soerjo itu, justeru laris di daerah yang pasokan BBM jenis bensin maupun solarnya lebih terkrndali. Maklum, karena ketesediaan BBM yang dibutuhkan melimpah, pemilik kendaraan tidak akan kesulitan mengisi BBM mobilnya.

“Ini terjadi, khususnya di daerah Jawa,” ucap Soerjo.

Toyota New Fortuner TRD Sportivo kini dilengkapi fitur power back door with kick sensor – dok.Motoris

Bersaing ketat dengan Pajero
Toyota Fortuner di pasar SUV Ladder Frame bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport. Data Gaikindo menunjukan, keduanya saling kejar mengejar dalam penjualan, dengan possi pertama yang silih berganti.

Sepanjang Januari-Mei penjualan Pajero Sport masih mengungguli Fortuner, yakni sebanyak 8.454 unit. Sedangkan SUV Toyota itu terjual 8.098 unit.

Tetapi di bulan Agustus, kondisi terbalik, Fortuner mengungguli lawannya itu. Fortuner laku 1.630 unit. Sedangkan Pajero terjual 1.346 unit, atau tertinggal 284 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport di GIIAS 2019 – dok.Motoris

Sekadar catatan, sepanjang tahun 2018 lalu, Fortuner mengungguli Pajero. SUV Toyota itu menempati posisi pertama dengan total penjualan 21.459 unit. Mitsubishi Pajero Sport berada di urutan belakangnya karena hanya terjual 21.029 unit. (Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This