Granace, MPV Mewah Berbasis Toyota Hiace

Granace, MPV Mewah Berbasis Toyota Hiace
Toyota Granace - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Setelah beberapa bulan lalu meluncurkan versi tertinggi di keluarga van Toyota Hiace – yakni Hiace Super Grandia, yang meluncur di Filipina pada 20 Agustus – kini Toyota Motor Corporation menyatakan akan menyuguhkan MPV besar berbasis van tersebut, Toyota Granace. Meski berbasis Hiace H300 generasi keenam namun tampilan MPV ini layaknya MPV mewah sekelas Toyota Alphard.

Seperti dilansir laman resmi global.toyota dan Global Auto News, Selasa (8/10/2019), Toyota menyebut gaya desain eksterior dan interior Granace adalah luar biasa dan mewah. Grill besar dengan aksen logam, mencuatkan kesan cantik dan “berani”. Sementara lampu LED dan DRL mengekspresikan sebuah mobil mewah.

Interiornya diklaim canggih, mewah, dengan tingkat kekedapan yang tinggi, karena Toyota menambahkan sistem insulasi suara. Pada bagian kabin ini pula, Toyota juga menempatkan pencahayaan LED untuk penerangan – yang dibutuhkan – di kala perjalanan malam hari.

Sederet fitur canggih juga ditanam di mobil ini. Diantaranya, Toyota Safety Sense terbaru mulai dari pre-colission with pedestrian and daytime cyclist detection hingga Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes.
Kendati berbasis Hiace, namun soal suspensi, Granace jauh lebih nyaman. Pasalnya, tak menggunakan suspensi per daun di bagian belakang, tetapi trailing-link rigid axle.

Terlebih, kerangka berbentuk cincin yang digunakan dirancang untuk menyokong sistem pengendaraan yang nyaman dengan handling yang stabil. Alhasil, selaras dengan positioning-nya sebagai mobil dengan suguhan kemewahan.

Kursimodel captain seat di baris kedua Toyota Granace – dok.Istimewa

MPV berdimensi panjang 5,3 meter (m), lebar 1,97 m, dan tinggi 1,99 m ini ditawarkan dalam dua varian. Pertama, berkonfigurasi tempat duduk tiga baris dengan masing-masing baris dua kursi model (atau enam kursi, di baris kedua meggunaka kursi model captain seat). Kedua, berkonfigurasi tempat duduk empat baris, dimana satu baris terdiri dua kursi (delapan kursi, baris kedua dan ketiga menggunakan kursi model captain seat).

Trim pintu dihiasi aksen kayu. Begitu pula, bagian belakang sandaran jok. Tambahan aksen ini tentu saja mencuatkan kesan mewah. Lazimnya MPV mewah, Granace juga menggunakan pintu geser, yang memberikan keleluasan tinggi bagi penumpang untuk keluar atau masuk kabin.

Namun, Toyota hanya menawarkan satu varian mesin, yakni mesin diesel 1GD 2,8 liter. Belum ada informasi rinci terkait spesifikasi mesin ini. Tetapi yang pasti, penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis enam tingkat percepatan.

Tampilan belakang Toyota GranAce – dok.Istimewa

Kemewahan juga terpancar dari fitur hiburan yang disematkan. Toyota melengakpinya dengan Display Audio (DA) canggih berlayar sentuh. Perangkat ini  kompatibel dengan koneksi smartphone, termasuk SDL . Sehingga, memungkinkan pengguna mobil untuk terhubung dengan smartphone dan mengoperasikan aplikasi peta dan musik melalui tampilan di layar.

Rencananya, MPV ini bakal diluncurkan di hajatan Tokoyo Motor Show 2019, yang berlangsung 24 Oktober hingga 4 November mendatang. (Ara)

Toyota Super Grandia yang merupakan tipe termewah dari Toyota Hiace, saat diluncurkan di Filipina – dok.Autoindustriya

CATEGORIES
TAGS
Share This