Wabah Hybrid Toyota Jangkiti Masyarakat Banyuwangi

Wabah Hybrid Toyota Jangkiti Masyarakat Banyuwangi
Toyota C-HR hybrid menjadi salah satu kendaraan terlektrifikasi Toyota yang dites bersama awak media dari Banyuwangi ke Bali - dok.Motoris

Banyuwangi, Motoris – Meski mobil berteknologi hybrid tergolong masih baru di telinga sebagai besar masyarakat Indonesia, namun tak sedikit masyarakat di Banyuwangi yang meminati. Terbukti, ada anggota masyarakat di kabupaten di ujung paling timur Jawa itu yang memesan Toyota C-HR hybrid.

Menjangkitnya “wabah” mobil hybrid Toyota di kota itu diungkap Kepala Cabang Auto2000 – diler utama Toyota – di Banyuwangi, Dwi Bayu Nugroho.

“Untuk mobil listrik (yang terasuk di dalamnya ada hybrid dan plug-in hybrid) di Banyuwangi cukup baik. Kami juga sudah mendapatkan pembelian satu unit Toyota C-HR hybrid,” kata dia di sela Journalist Tes Drive mobil terlektrifikasi Toyota yakni hybrid dan plug-in hybrid Banyuwangi – Bali, di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Secara umum, lanjut Bayu, masyarakat sudah mulai memahami tentang mobil yang memadukan antara mesin konvensional dengan motor listrik tersebut. Hanya memang, lanjut dia, untuk pembelian masih belum banyak dengan berbagai alasan yang mendasari.

Toyota C-HR hybrid, salah satu mobil hybrid yang telah dipasarkan PT Toyota Astra Motor- dok.Motoris

Pemahaman masyarakat di Banyuwangi ini, menurut Bayu juga tak lepas dari pengenalan mobil hybrid di Jawa Timur, khususnya di Surabaya sebagai ibu kota provinsi. Bahkan, di provinsi terbesar kedua di Indonesia ini, penjualan mobil hybrid Toyota sudah terjadi pada tahun 2009.

“Mobil hybrid Toyota itu sudah mulai diperkenalkan di Jawa Timur sejak tahun 2009 lalu. Saya menjadi saksinya. Saya pertama kali menjual mobil hybrid di Surabaya waktu itu kita jual Prius,” imbuh Bayu.

Sekadar catatan, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota C-HR di Jakarta, pada Senin, 22 April lalu. TAM menawaran dua varian, yakni single tone dengan banderol Rp 523,35 juta, dan varian padu padan dua warna atau dual tone yang dihargai Rp 524,850 juta one the road DKI Jakarta.

Toyota Prius Plug-in Hybrid – dok.Motoris

Toyota C-HR yang dibekali mesin konvensional berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.8L yang bertenaga 100 hp dan sebuah motor listrik bertenaga 36 hp. Sehingga, total semburan tenaga mobil ini mencapai 136 hp. (Lut)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This