Siaga Hadapi Tren Pasar, Yamaha Siapkan Skutik Listrik

Siaga Hadapi Tren Pasar, Yamaha Siapkan Skutik Listrik
Konsep skutik listrik Yamaha E01 - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Yamaha Motor akan memperkenalkan tiga konsep skutik listrik di hajatan Tokyo Motor Show 2019 yang berlangsung mulai 24 Oktober nanti. Ketiganya menjadi sebuah isyarat bahwa kapanpun diperlukan, pabrikan akan siap menggelontorkan produk ke pasar kendaraan listrik.

Seperti dilaporkan laman Electricmotorcycle dan Bike Wale yang mengutip laman resmi pabrikan, Jumat (11/10/2019), skutik listrik yang disuguhkan itu terdiri dari dua konsep yang benar-benar baru dan sebuah yang merupakan konsep berbasis model yang telah diproduksi. Dua konsep baru dinamai E01 dan E02 merupakan skutik maxi dengan gaya yang kental dengan kesan futuristik.

Konsep E01 merupakan skutik maxi dengan panel bodi yang mengalir mulus, kaca depan tinggi, tapering kursi panjang di bagian belakang dan ban besutan Bridgestone. E02 juga skutik maxi namun dengan dimensi yang lebih kecil.

Konsep Yamaha E02 – dok.Istimewa

Konsep ini memiliki wheelbase yang lebih pendek, panel bodi yang ringkas, jok yang lebih ramping, serta roda yang lebih kecil. Yamaha menyebut E01 setara dengan skuter 125cc, sedangkan E02 memiliki daya setara dengan skuter 50cc.

Adapun konsep skutik listrik yang berbasis versi produksi, adalah E-Vino. Gaya desainnya masih tetap, yakni menganut gaya retro murni dengan panel bodi melengkung. Gaya retro juga terlihat dari bentuk lampu depan bundar yang dipasang apron, satu kluster dengan lampu sein.

Skutik-skutik ini menggunakan sistem battery swap, yakni bisa dlepas pasang secara mudah untuk membuat pross pengecasan yang mudah dan mobilitas pemiik tak terganggu. Pasalnya, ketika baterai yang terpasang di motor dayanya habis, bisa dilepas dan digantikan baterai cadangan yang terisi penuh.

Konsep Yamaha E-Vino – dok.Istimewa

Hanya, belum ada sinyal informasi yang menyebut kapan ketiga konsep itu bakal diproduksi secara massal.(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This