Honda HR-V Cs Wajib Waspada, Kia Seltos Serbu Filipina

Honda HR-V Cs Wajib Waspada, Kia Seltos Serbu Filipina
Kia Seltos - dok.Autoindustriya

Manila, Motoris – Kia Motors Filipina telah woro-woro akan meluncurkan crossover anyar, Kia Seltos, pada November nanti. Mobil ini mengincar ceruk pasar sama dengan yang selama ini digarap Honda HR-V dan Nissan Juke.

Seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Jumat (11/10/2019), Kia menyuguhkan tiga varian di jajaran Seltos ini dengan banderol mulai 1,098 juta Peso atau sekitar Rp 299 jutaan. Selain versi all wheel drive, mobil ini juga dibuat dalam versi penggerak dua roda depan.

Versi terakhir itulah yang bakal dijajakan di Filipina. Model itu merupakan varian bermesin 2.0 liter yang menyemburkan tenaga 149PS dengan torsi 180 Nm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis yang dinamai IVT.

Belum ada informasi secara rinci soal spesifikasi fitur varian yang dipasarkan di Filipina tersebut. Tetapi, secuil informasi yang ada menyebut, fitur hiburan yang disandang Seltos untuk pasar  negeri ini adalah perangkat hiburan berlayar sentuh berukuran 10,25 inci.

Interior Kia Seltos untuk pasar Korea, Eropa, dan Amerika – dok.Autoindustriya

Peranti ini juga menjadi sentral dari koneksi UVO yang berperan penting dalam pengoperasian sejumlah fitur, mulai dari pengoperasian AC, pembatas kecepatan, immobilizer jarak jauh dan lain-lain. Teknologinya mirip dengan Hyundai BlueLink. Maklum, Kia Motors merupakan bagian dari Hyundai Group.

Sebelumnya, laman Yonhap News melaporkan, di negeri asalnya – Korea Selatan – Seltos ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin. Pertama mesin bensin 2.0 liter naturally aspirated yang bertenaga 149 PS dengan torsi 178 Nm yang disalurkan ke roda menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) enam tingkat percepatan.

Kedua, mesin bensin 1.6 liter plus turbocharged. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 203 PS dengan torsi 264 Nm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) tujuh tingkat percepatan.

Tampilan belakang Kia Seltos – dok.Autoblog

Ketiga adalah mesin diesel 1.6 liter yang bertenaga 140 PS dengan transmisi CVT enam tingkat percepatan. Di setiap negara yang disasar, menawarkan varian yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi masing-masing khususnya selera konsumen dan tingakat persaingan dengan mobil sejenis dari merek lain.

Kia mengatakan, Seltos yang merupakan SUV kecil ini, ditujukan untuk kalangan milenial. Dia merupakan produk global yang dipasarkan ke berbagai negara di dunia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This