Cakep, Toyota C-HR GR Sport Khusus Pasar Jepang

Cakep, Toyota C-HR GR Sport Khusus Pasar Jepang
Toyota C-HR versi GR Sport untuk pasar domestik Jepang - dok.Carscoops

Tokyo, Motoris – Tak hanya di Eropa dan Amerika Utara saja, Toyota “menyegarkan” tampilan crossover Toyota C-HR, tetapi juga di kampung halamannya, Jepang. Di Negeri Sakura ini, Toyota C-HR mendapatkan sentuhan ubahan, bahkan Toyota juga menyuguhkan versi spesial yang berenampilan jauh lebih “agresif” dengan label GR Sport.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, Jumat (18/10/2019), Toyota memberi ubahan yang lain daripada yang lain terhadap C-HR. Artinya, ubahan yang diberikan hanya khusus untuk “Japan Domestic Market (JDM)” alias tidak ada di negara manapun selain di Jepang.

Tampilannya lebih kekar dengan aura sporty yang tinggi. Maklum, Toyota C-HR versi GR Sport itu dikembangkan Toyota Gazoo Racing. Dibandingkan versi standar, dia mengusung gaya dan sasis tweak yang membuatnya terlihat lebih agresif.

C-HR versi JDM ini menggunakan bumper depan dengan desain baru baru yakni menggabungkan gril rendah berukuran besar, plus bar horizontal. Masih di bagian depan pula, ubahan juga terlihat pada under guard dan lampu kabut yang menggunakan bezel ukuran lebih besar ketimbang di versi lawas.

Tampilan interior depan Toyota C-HR versi GR Sport untuk pasar domestik Jepang – dok.Carscoops

Emblem GR Sport yang diletakan pada gril, fender depan dan bak belakang juga menjadi penanda kekhususan C-HR GR Sport tersebut.Begitu pula dengan pelek ukuran 19 inci dengan padu-padan dua warna (dual tone) yang dibalut ban 225/45 R19.

Ekslusifitas sebagai produk khusus pasar Jepang juga dibuat oleh Toyota. Di bagian ini, kekhususan itu terlihat dari penggunaan roda kemudi atau setir sport dengan diameter kecil.

Setir ini dibalut lembaran kulit berkualitas nomor wahid yang dijahit secara khusus dengan benang berklir perak. Jok ala mobil sport dengan logo GR plus jahitan dengan benang warna perak, juga menandakan bahwa mobil ini merupakan mobil khusus.

Bahkan di bagian-bagian yang – selama ini luput dari pandangan orang – seperti pedal (gas, rem, maupun transmisi), semuanya menggunakan bahan aluminium. Sedangkan trim dibalut aksen perak dan hitam metalik.

Kabin Toyota C-HR versi GR Sport untuk pasar domestik Jepang – dok.Carscoops

Warna dan harga
Ada 11 pilihan warna yang ditawarkan, termasuk 5 skema dual tone dengan atap dan pilar A yang dicat hitam. Selain itu, Toyota Gazoo Racing disebut telah melakukan penyetelan khusus suspensi yakni mulai per pegas, peredam kejut, dan stabilisator.

Settingan khusus ini diklaim mampu meningkatkan respons pengdalian mobil. Bahkan, disebut memberi pengalaman berkendara yang berbeda karena berasa lebih sporty.

Di pasar domestik Jepang ini, C-HR GR Sport dibekali mesin 1.2 liter berturbo dengan penggerak roda depan, dan bertransmisi manual enam tingkat percepatan.

Tampilan depan Toyota C-HR versi Japan Domestic Market alias pasar domestik Jepang – dok.Carscoops

Selain itu, juga ditawarkan versi bermesin 1.8 liter hybrid yang berteknologi Toyota Hybrid System. Keduanya mulai tersedia di diler, Jumat (18/10/2019).

Toyota di Jepang membanderolnya 2.367.000 yen atau sekitar Rp 308 jutaan untuk varian reguler yang disegarkan. Sedangkan untuk versi GR Sport harganya 2.732.000 yen atau sekitar Rp 356 jutaan. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This