Yaris Terbaru di TMS 2019, Tidak Dijual di RI

Yaris Terbaru di TMS 2019, Tidak Dijual di RI
Yaris terbaru dengan atap dual tone di Tokyo Motor Show 2019 - dok.Motoris

Tokyo, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan Toyota Yaris versi terbaru yang diluncurkan 16 Oktober lalu – dan kini dipajang di hajatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019 – tidak akan masuk Indonesia. Pasalnya, versi yang kini tengah menjadi perhatan dunia itu ditujukan untuk pasar Jepang dan Eropa.

Seperti dilaporkan Wartawan Motoris M.Lulut Ayatulloh dari Tokyo Big Sight di Odaiba, Jepang, pernyataan tersebut diungkapkan langsung Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandi, yang tengah menghadiri pameran dua tahunan itu.

“Kita pastikan tidak (dipasarkan di Indonesia), karena yang ini kan (Toyota Yaris terbaru yang dipajang di TMS) ditujukan untuk pasar Jepang dan Eropa ya. Artinya, jadi berbeda (spesifikasi, fitur, dan lainnya),” tutur Anton saat ditemui di sela melihat-lihat konsep Toyota Mirai generasi baru, di Tokyo, Rabu (23/10/2019).

Menurut dia, Toyota memiliki perencanaan yang menyeluruh untuk memproduksi sebuah model dengan spesifikasi yang berbeda-beda berdasar area pasar yang dituju. “Toyota sudah melihat kebutuhan dan permintaan di suatu wilayah. Sehingga, model yang sama bisa berbeda-beda spesifikasinya untuk masing-masing wilayah yang berbeda,” kata dia.

Toyota Yaris versi terbaru dipajang di Mega Web, yang masih berada di komplek Tokyo Bog Sight, tempat digelarnya Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Namun, bisa saja Toyota membuat versi yang bisa dipasarkan untuk negara-negara di luar Jepang dan Eropa, termasuk Indonesia. Hanya saja, untuk Indonesia, Anton belum bisa memastikan kapan Yaris anyar yang dibuat untuk pasar di uar Jepang dan Eropa tersebut.

“Apalagi, kan kita (Yaris) baru ada refreshment dua tahun lalu,” ucap Anton.

Kini, Yaris terbaru itu berdiri tepat di depan pintu masuk sebelah Utara dari gedung Mega Web, yang juga berada di sekitar area hajatan berlangsung. Tampilannya yang keren tak ayal memantik perhatian para pengunjung yang sebagian besar para jurnalis dari berbagai belahan dunia dan siapa saja yang melintasi tempat tersebut.

Sebelumnya, dalam keterangan resmi di situs perusahaan, TMC menyebut Yaris anyar ini menggunakan platform anyar yakni ToyotaNew Global Architecture (TNGA). “Yaris terbaru ini menjadi mobil kompak pertama Toyota yang mengadopsi platform TNGA,” sebut pabrikan itu.

Platform ini diklaim memiliki sederet kelebihan yang membuat Yaris generasi keempat ini memiliki sejumlah keunggulan. Di antara kelebihan TNGA adalah, memiliki titik pusat gravitasi yang rendah, sehingga kestabilan mobil lebih tinggi

Toyota Yaris versi terbaru berdiri anggun di depan pintu masuk sebelah utara Mega Web, di area Tokyo Big Sight tempat dilangsungkannya hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.940 milimeter (mm), lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.490 mm. Panjang wheelbase-nya 2.550 mm.

Toyota menyuguhkannya dalam pilihan mesin konvensional 1.5 liter dan hybrid. Versi hybrid disajikan dengan memadukan antara mesin konvensional 1.5 liter Atkinson Cycle tiga silinder dengan motor listrik baterai.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This