Toyota Raize Diluncurkan, Ini Keunggulan yang Ditawarkan

Toyota Raize Diluncurkan, Ini Keunggulan yang Ditawarkan
Tampilan depan Toyota Raize - dok.Toyota Global

Tokyo, Motoris – Setelah nama dan foto-fotonya viral di jagat maya sejak nongol di hajatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019, akhirnya Toyota Motor Corporation (Toyota) meluncurkan SUV kompak Toyta Raize di Jepang, Selasa (5/11/2019). SUV yang disebut sebagai kembaran Daihatsu Rocky – dengan platform yang sama yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA) – itu dibanderol mulai1.679.000 atau sekitar Rp 216 jutaan.

Seperti dilansir situs resmi Global.toyota, Selasa (5/11/2019), Raize merupakan mobil kompak pertama yang diproduksi oleh Daihatsu Motor Company dengan platform DNGA sebagai kelanjutan pengembangan bersama mobil merek Toyota dan Daihatsu. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.995 milimeter (mm) dan lebar 1695 mm.

Dia dilengkapi SUV ringkas ini menawarkan kapasitas bagasi 369 liter, diklaim terdepan di kelasnya. Kursi belakang juga dapat dilipat, sehingga memperbesar kapasitas kargo, memungkinkan membawa barang bawaan yang lebih besar dan panjang.

Tampilan depan Toyota Raize – dok.Toyota Global

Terlebih, di seluruh bagian kabin terdapat beberapa solusi penyimpanan. Alhasil, menghasilkan ruang interior yang nyaman.

Bodi dan suspensi merupakan pengembangan terbaru berkat pengadopsian platform DNGA. Bobot mobil ini  – 980 kilogram – diklaim lebih ringan dengan suspensi yang disebut memiliki kestabilan tinggi kala mobil dikendarai.

Toyota Raize – dok.Toyota Global

Seperti mobil 1.5 liter
Toyota menyebut, paduan antara mesin turbo 1,0 liter dengan transmisi D-CVT – yang merupakan pertama kalinya digunakan di jajaran kendaraan Toyota – menjadikannya nyaman dikendarai, tak ubahnya mengendari mobil bermesin 1.5 liter.

Sekadar catatan, mesin 1.o liter, tiga silinder berturbo ini menyemburkan tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya  mencapai 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Konsumsi bahan bakarnya disebut lebih efisien. Hal hal ini berkat penggunaan beberapa perangkat, salah satunya transmisi D-CVT.

Tampilan Belakang Toyota Rize – dok.Toyota Global

Rasio gigi transmisi yang lebar diklaim mampu menjadikan tingkat akselerasi yang cepat, namun tetap mulus pada kecepatan rendah. Selain itu, tetap irit bahan bakar meski mobil digeber dalam kecepatan tinggi.

Toyota juga melengkapinya dengan serangkain fitur keamanan Smart Assist terbaru. Perangkat ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya Crash Avoidance Braking Function dengan mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki. Selain itu, Erroneous Start Prevention Function with braking control.

Toyota menawarkannya dalam versi berpenggerak roda depan dan all wheel drive (AWD). Mobil yang dibanderol mulai 1.679.000 – 2.282.200 yen atau sekitar Rp 216 – 293,6 jutaan ini (kurs 1 yen = Rp 218.66), ini di Jepang ditargetkan terjual 4.100 unit saban bulan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This