Joss, Motor Sport Listrik Kymco Meluncur di EICMA

Joss, Motor Sport Listrik Kymco Meluncur di EICMA
Kymco RevoNEX di EICMA 2019 - dok.News18.com

Milan, Motoris – Pabrikan asal Taiwan, Kymco, memperkenalkan motor sport street bike bersumber tenaga dari arus listrik. Motor bernama Kymco ReNEX itu dihadirkan di pameran sepeda motor internasional EICMA 2019, Milan, Italia, Kamis (7/11/2019).

Menurut Chairman Kymco Allen Ko, kehadiran motor ini merupakan sebuah solusi bagi persoalan mahalnya banderol kendaraan listrik. Maklum, RevoNEX bakal dibanderol dengan harga terjangkau.

“Kami berusaha menerapkan teknologi terbaru untuk membangun sepeda motor ideal yang sebelumnya tidak dapat dijangkau,” kata Allen.

Motor ini dijanjikan telah tersedia di pasar pada tahun 2021 nanti. Hanya, hingga kini belum disebutkan berapa banderolnya. Tetapi yang pasti, Kymco menyebut ada beberapa keunggulan, antara lain Gears, Performance, Control, Sound, dan Mode.

Tes Ride Kymco RevNEX – dok.Kymco

RevoNEX menggunakan transmisi enam percepatan.Pabrikan membekalinya dengan Electric Full-range Acceleration (EFA) yang dirancang untuk akselerasi terbaik secara instan.

Kymco mengklaim akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 3,9 detik. Sedangkan dari 0 – 205 km/jam hanya dalam 11,8 detik.

Pbrikan itu melengkapi RevoNEX dengan Full Engagement Performance (FEP) yang memastikan roda tidak selip saat berkendara di jalanan berlubang atau genangan air. Bila pengendara melakukan pengeraman mendadak, FEP akan mengatur traksi maksimum guna mencegah roda belakang terangkat.

Pengenalan Kymco RevoNEX do EICMA 2019, Kamis 7 November 2019 – dok.HibridosElectricos

 

Suara konvensional
Menariknya, Kymco mengaku membuat suara motor ini seperti motor konvensional. Sebab, pabrikan menggunakan Active Acoustic Motor (AAM) yang menggabungkan suara resonansi dan suara mekanis transmisi.

“Saat RPM naik dan turun pada setiap perpindahan gigi transmisi, pengendara akan mendengar lonjakan suara,” kata Allan.

Untuk pengendaraan, Kymco menyuguhkan fitur empat mode berkendara yang disesuaikan dengan kondisi lalu-lintas melalui fitur Adaptive Machine Personality (AMP). Mode pertama adalah poised (tenang) saat pengendara melewati lingkungan perumahan.

Tampilan cockpit Kymco RevoNEX – dok.Kymco

Mode kedua dan ketiga adalah assertive (berkarakter) dan bold (berani). Terakhir mode extreme yang bisa dipilih jika pengendara ingin mengeluarkan seluruh potensi sepeda motor. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This