Jadi Varian Tertinggi, Ini Konsumen yang Dibidik Xpander Cross

Jadi Varian Tertinggi, Ini Konsumen yang Dibidik Xpander Cross
Xpander Cross memadukan unsur karakter MPV dengan SUV - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Setelah menjadi topik hangat perbincangan di lini massa selama beberapa pekan belakangan, akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan varian terbaru di keluarga Xpander, yang dinamai Xpander Cross. Persilangan antara karakter MPV dan SUV dipilih, karena banyak diinginkan oleh konsumen Xpander dan bahkan masyarakat Indonesia secara umum.

“Setelah dalam beberapa waktu terakhir membuat penasaran banyak orang, hari ini kami perkenalkan produk baru untuk Indonesia, yang lebih banyak rasa SUV dan petualangan yang “ditanam” ke Xpander, model baru ini dinamakan Xpander Cross,” papar President Director MMKSI Naoya Nakamura, saat memberi sambutan peluncuran varian anyar itu, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Di tempat yang sama, Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro menegaskan, Xpander Cross merupakan varian tertinggi di keluarga Xpander. “Dia diposisikan di atas small MPV (low MPV Xpander) dan di bawah low SUV. Karakternya memadukan antara dua model itu, sehingga memiliki ketangguhan light off-road yang mumpuni, kenyamanan dan kelegaan MPV, serta kemewahan layaknya varian tertinggi small MPV (low MPV Xpander). Jadi ini di atas Xpander Ultimate,” papar dia saat ditemui usai prosesi peluncuran.

Xpander Cross, varian tertinggi di keluarga Xpander – dok.Motoris

Menurut Irwan, Mitsubishi Motors meluncurkan varian ini karena melihat fakta dan hasil penelitian internal yang dilakukan MMKSI. Studi itu menunjukan, sebagian besar pengguna Xpander hingga saat ini melakukan up-grade tampilan kendaraannya untuk menguatkan karakter SUV di low MPV tersebut.

Selain itu, fakta di pasar kendaraan bermotor roda empat di Tanah Air hingga kini juga menunjukan tren pasar SUV yang terus meningkat. Terlebih, di internal Xpander, tipe yang paling banyak diminati adalah tipe tertinggi atau Ultimate.

“Jadi, trennya seperti itu (orang upgrade tampilan agar menguatkan kesan SUV), makanya kita berikan sekaligus ini yang asli dengan karakter SUV, sehingga hadir persilangan small MPV dengan SUV, Xpander Cross. Jadi kita meng-grabbed (merebut) segmen tertinggi di pasar dari small (low) MPV dan sekaligus low SUV,” ujar Irwan.

Tampilan belakang Xpander Cross warna putih- dok.Motoris

Ada tiga tipe yang disajikan Mitsubishi Motors. Ketiganya adalah, tipe transmisi manual atau M/T yang dibanderol Rp 267,7 juta. Kemudian tipe transmisi otomatis (A/T) dihargai Rp 277,7 juta, dan tipe leather seat premium package A/T yang dibanderol Rp 286,7 juta. Semua harga on the road Jakarta.

Tampilan dan fitur
Sesuai dengan posisinya sebagai varian anyar, Mitsubishi juga menyajikan Xpander Cross dengan tampilan yang berbeda. Wajah dan bodi tentu disesuaikan dengan karakter paduan antara MPV dengan SUV.

Grille diubah. Bentuk “hidung” Xpander Cross yang  lebih pesek dibanding Xpander reguler, menguatkan kesan kokoh, lazimnya sebuah SUV. Over fender juga dibuat lebih besar layaknya sebuah SUV.

Sementara, lampu utama (LED yang diimbuhi DRL), bumper depan, serta lampu kabut (foglamp) juga disesuaikan. Di bagian belakang, bumper yang direvisi. Kemudian kap pintu yang diberi aksen warna hitam.

Xpander Cross membidik konsumen di segmen tertinggi low MPV dan Low SUV – dok.Motoris

Mitsubishi juga menambahkan roof rail, mengganti pelek dengan ukuran 17 inci, menggunakan side body garnish, dan memasang antena model sirip hiu (shark fin). “Ground clearance Xpander Cross ini 225 milimeter (mm). Ini tertinggi dibanding para pesaing. Sedangkan di tipe leather seat premium package A/T joknya lembaran kulit dengan dual tone,” kata Irwan.

Untuk fitur, Mitsubishi menyematkan Reinforce Impact Safety Evolution (Rise) yakni struktur bodi penyerap benturan., ABS+EBD, Emergency Stop Signal (ESS), sensor parkir dengan kamera, Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control (ASC), serta Dual SRS Airbag di baris depan. Mitsubishi juga menyeting ulang sistem suspensi khususnya di bagian rebound spring, untuk menyokong kenyamanan berkendara.

Bagasi Xpander Cross – dok.Motoris

Adapun untuk mesin, masih menggunakan mesin yang sama dengan Xpander varian reguler, yakni mesin 1.5L MIVEC, DOHC 16-valve. Semburan tenaga mesin ini sebesar  77 kW pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm(Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This