Xpander Cross Dibanderol Lebih Mahal, Ini Dalih Mitsubishi

Xpander Cross Dibanderol Lebih Mahal, Ini Dalih Mitsubishi
Xpander Cross, memiliki ground clearance 225 milimeter - dok. Motoris

Jakarta, Motoris – Harga Mitsubishi Xpander Cross yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Jakarta, Selasa (12/11/2019) untuk tipe terendah ternyata lebih mahal dibanding banderol model low SUV merek pesaing. Padahal, MMKSI menegaskan varian anyar di keluarga Xpander itu diposisikan di atas low MPV dan di bawah SUV.

MMKSI mematok harga untuk tipe terbawah Xpander Cross yakni M/T senilai Rp267,7 juta, tipe tengah A/T Rp277,7 juta, dan tipe tertinggi yakni premium leather package A/T senilai Rp286,7 juta. Harga itu lebih mahal Toyota Rush dibanderol Rp 244,3 – 265,7 jutaan, Honda BR-V yang tipe terbawahnya dihargai Rp 248,6 jutaan, serta Daihatsu Terios Rp 202,4 jutaan.

Soal harga ini President Director MMKSI Naoya Nakamura mengakui pihaknya memang mematok harga yang lenih mahal. Hal itu dikarenakan, Mitsubishi memberikan kualitas terbaik pada poduk maupun paket penjualannya.

Chief Product Specialist MMC, Minoru Uehara, di tempat yang sama menyebut Xpander Cross dirancang dengan memadukan nilai fundamental dua model yang disilangkan, yakni MPV dan SUV.

Xpander Cross membidik konsumen di segmen tertinggi low MPV dan Low SUV – dok.Motoris

“Kami memadukan relief (kelapangan), comfort (kenyamanan), dan convenient (kemudahan) yang merupakan nilai fundamental MPV dengan toughness (ketangguhan), dynamism (dinamis), serta status (model yang bisa dibanggakan) yang merupakan nilai fundamental SUV,” papar dia.

Kursi hingga garansi
Kursi baris ketiga misalnya dirancang dengan rentang ruang hingga 560 milimeter (mm) dan diklaim 95 mm lebih lebar dibanding pesaing. Sedangkan kursi baris kedua, memiliki rentang ruang hingga 730 mm, atau 25 mm diklaim lebih panjang dibanding pesaing.

“Ground clearance Xpander Cross yang 225 mm, juga tertinggi dibanding para pesaingnya. Pesaing A hanya 220 mm, pesaing B hanya 220 mm, dan pesaing C ground clearance hanya 201 mm. Kami juga melakukan seting ulang sistem suspensi di rebound spring, sehingga menjadikan stabilitasnya terbaik di kelasnya,” jelas Uehara.

Selain itu lampu utama LED juga menggunakan gaya desain baru. Begitu pula dengan pelek alloy 17 inci. Sedangkan antena menggunakan model sirip hiu sebagai standar.

Xpander Cross, varian tertinggi di keluarga Xpander – dok.Motoris

Director of Sales & Marketing MMKSI, Irwan Kuncoro menyebut harga yang dipatok itu sudah termasuk paket yang diberikan. “Harga memang kalau dilihat lebih mahal, khususnya di tipe terbawah dibanding pesaing. Karena harga ini termasuk, gratis biaya jasa selama empat tahun, gratis biaya sparepart selama empat tahun atau 50.000 kilometer, asuransi ban selama setahun, dan asuransi jiwa selama satu tahun,” ujar dia saat ditemui usai peluncuran.

Irwan mengaku optimis varian anyar ini bakal mendapatkan sambutan positif konsumen. Pasalnya, hasil studi yang dilakukan pihaknya menunjukan selama ini para pemilik kendaraan Xpander dan masyarakat Indonesia cenderung menyukai tampilan mobil SUV.

“Masyarakat itu suka mobil yang berpenampilan gagah, dinamis, yang memberi kenyamanan untuk berbagai keperluan. Itu semua ada di varian (Xpander Cross) ini,” klaim dia. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS