Inkas, SUV Kebal Peluru dan Granat yang Dijual Bebas

Inkas, SUV Kebal Peluru dan Granat  yang Dijual Bebas
Inkas Sentry Civilian, mobil lapis baja angkutan pasukan khusus AS, SWAT kini dijual umum untuk kalangan sipil - dok.Carscoops

Toronto, Motoris – Setelah sejak tahun 2000 lalu memodifikasi mobil dengan meggunakan material lapis baja untuk angkutan maupun kendaraan operasional khusus militer kini Inkas memproduksinya untuk masyarakat umum. Salah satu model berlapis baja yang dijual bebas itu adalah Inkas Sentry Civilian.

Seperti dilaporkan laman Motor1 dan Carscoops, Sabtu (16/11/2019), Inkas adalah perusahaan spesialis modifikasi lapis baja. Sedangkan Inkas Sentry Civilian yang kini tengah diproduksinya merupakan mobil kebal peluru dan roket berwujud Sport Utility Vehicle (SUV).

Mobil sport serbaguna  ini menggunakan basis pikap kabin ganda 4WD Ford F-550. “Mobil ini diperuntukan bagi orang-orang yang membutuhkan perlidungan serius. Mobil ini berasal bermesin diesel 6,7 liter V8 turbo yang menyemurkan tenaga 330 hp yang disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi otomatis 10 tingkat percepatan,” bunyi pernyataan Inkas.

Pabrikan itu telah meng-upgrade perangkat sistem suspensi disesuaikan dengan bobot dan kemampuannya untuk menerabas berbagai medan. Mobil yang lebih mirip kendaraan taktis pengangkut personel militer ini dilengkapi sistem pengereman heavy duty dan kompinen mekanik reinforce.

Di ruang antara baris kursi depan dengan baris kedua di INKAS Sentry terdapat tempat penyimpanan gelas – dok.Carscoops

Sementara, mengutip sumber internal Inkas, Toronto Sun melaporkan Sentry Civilian memiliki tingkat lapis baja kategori BR6. “Artinya untuk mengoyak tubuh mobil ini dibutuhkan terjangan peluru caliber 7m62 x 51 milimeter dari sebuah seapa serbu,” tulis media itu.

Mobil yang berwujud sebuah SUV ini juga kebal ledakan setara dua granat tangan DM51 buatan Jerman. Bodinya memang tertutup rapat dengan jendela kecil yang menggunakan kaca tak tembus peluru.

Namun, kabinya dijamin nyaman karena Inkas memberi prangkat pembersih udara ruangan. Bahkan, ruang kabinnya terbilang mewah untuk sebuah kendaraan lapis baja.

Kabin belakang Inkas – dok.Carscoops

SUV ini memiliki kapasitas enam orang, yang terdiri dari tiga baris kursi. Format duduknya, dua orang di depan, dua di tengah, serta dua lainnya di baris kursi belakang.

Penumpang mobil ini juga bisa memilih asisten suara Apple, Amazon, atau Google. Setiap jok dilengkapi fitur penghangat, pendinginan, dan pijat. Partisi antara kursi depan dan area penumpang berfungsi ganda sebagai layar hiburan besar.

Pembeli juga dapat menambahkan kamera pengintai 360 derajat. Bahkan bisa menambahkan perlindungan khusus dari bahan kimia, dan sistem pembantu penglihatan di malam atau di kegelapan.

Tampilan belakang INKAS – dok.Carscoops

Inkas menyebut, mobil ini bisa dipesan oleh mereka yang berminat dari berbagai belahan dunia. Seperti dilansir Montreal Tribune, pabrikan yang bermarkas di Toronto, Kanada ini membidik keluarga-keluarga kaya, pejabat tinggi terutama di wilayah konflik, serta mereka yang membutuhkan pelindungan khusus.

Hanya, hingga kini belum disebutkan secara resmi berapa harganya. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This