Sodok Xpander Cross, Suzuki XL6 akan Hadir di RI Awal 2020

Sodok Xpander Cross, Suzuki XL6 akan Hadir di RI Awal 2020
Suzuki atau Maruti XL6 saat diluncurkan di India, 22 Agustus 2019 - dok.Cardekho

Jakarta, Motoris – Ceruk pasar antara Low MPV dengan Low SUV yang diisi oleh model dengan wujud crossover atau persilangan antara dua model itu pada tahun 2020 bakal semakin ramai. Setelah Mitsubishi Motors Indonesia menghadirkan Xpander Cross 12 November lalu, kini terdengar kabar Suzuki Indonesia bakal menghadirkan model serupa pada awal 2020 nanti.

“Rencananya Suzuki XL6 (nama crossover) itu pada tahun 2020. Tepatnya di kuartal pertama tahun itu. Karena bagaimana pun model baru itu akan menjadi sebuah trigger dalam penjualan. Apalagi, tahun ini market kan lesu, tentu tahun depan akan digenjot,” tutur seorang kolega Motoris di internal Suzuki Indomobil, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut dia, XL6 sudah melenggang di pasar India sejak 22 Agustus lalu. Di negeri itu, Suzuki membanderolnya 9,8 – 11,46 lakh atau sekitar Rp 195 – 229 jutaan (jika dikurskan ke mata uang rupiah).

“Harga di kita belum tahu. Harga biasanya ditetapkan pada last minute karena menyangkut pertimbangan perkembangan beberapa kondisi. Dan nama bukan XL6, tetapi disesuiakan dengan di kita, kemungkinan bisa XL7, diproduksi di pabrik (Suzuki) Cikarang (Bekasi, Jawa Barat),” ungkap sang kolega.

Tampilan belakang Suzuki XL6 – dok.Istimewa

Penamaan yang berbeda itu dikarenakan formasi kursi yang berbeda. Jika XL6 di India menggunakan captain seat di baris kursi tengah, di Indonesia tidak, sehingga seluruh kursi penumpang tetap berjumlah tujuh.

Untuk mesin, Suzuki XL6 dibekali mesin K15 SHVS BSVI 1.5L yang menyemburkan tenaga hingga 102,7 hp dan torsi 138 Nm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Formasi kursi Suzuki XL6 yang masing-masing baris hanya dua unit – dok.Istimewa

Penjualan Xpander Cross
Sementara, di tempat berbeda Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan, saat ditemui sebelum peresmian fasilutas pengecasan mobil listrik milik Mitsubishi Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019) mengatakan, respon masyarakat terhadap Xpander Cross cukup bagus.

“Animo masyarakat tinggi. Kami menargetkan model ini bisa memberi tambahan penjualan ke Xpander, ya sekitar 2.000-an unit setiap bulannya,” kata dia.

Soal profil peminat, Irwan menyebut selain pemilik Xpander yang ingin berganti mobil, juga pebeli baru yang sebelumnya belum memiliki Xpander.

“Karena seperti yang saya katakan  sebelumnya (saat ditemui usai peluncuran Xpander Cross), bahwa tren pemilik Xpander untuk meng-upgrade tampilan mobilnya dengan aksesoris yang memperkuat karakter SUV, itu juga tinggi. Sementara, tren pertumbuhan pasar SUV juga terus terjadi karena memang minat orang ke arah itu (SUV maupun crossover) juga terus meningkat,” ungkap dia.

Xpander Cross yang memadukan karakter MPV dengan SUV diklaim sebagai jawaban atas keinginan dan kenutuhan masyarakat konsumen diluncurkan oleh Mitsubishi Motors Indonesia- dok.Motoris

Pernyataan serupa disampaikan Deputy Head Sales dan Dealer Management Area 1 MMKSI, Budi Darmawan Daulay, yang ditemui di tempat yang sama. “Minat orang ke Xpander Cross ini tinggi. Kalau kita lihat dua minggu setelah diluncurkan, di Jabodetabek penjualannya sudah 400 – 500 unit. Jadi, kalau target 2.000 unit sebulan di seluruh Indonesia, bisalah tercapai,” ujarnya. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This