Januari – Oktober 2019, Hampir 150.000 SUV Terjual di RI

Januari – Oktober 2019, Hampir 150.000 SUV Terjual di RI
Ilustrasi, Daihatu All New Terios - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Penjualan varian Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia terus bertumbuh sejalan dengan tren yang terjadi di pasar global. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, selama Januari – Oktober terjadi kenaikan porsi SUV dalam total penjualan sebesar 0,5%.

“Tahun ini dari Januari – Oktober pangsa pasar SUV itu menjadi 17,4%, atau naik 0,5% dibanding (Januari – Oktober) tahun lalu,” papar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Menurut mantan Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia itu, tren yang terjadi di Indonesia ini juga sejalan dengan tren global, kendati ada perbedaan selera pilihan di Indonesia. Masyarakat Indonesia, lanjut dia, lebih menyukai SUV dengan kapasitas 7 penumpang.

“Jadi, kapasitas 7 penumpang yang paling laku,” ucap dia.

Baca juga: Pasar SUV Kian Menjulang, Ditunjang Varian 7 Penumpang

Wuling Almaz 7 kursi penumpang – dok.Motoris

Pernyataan Jongkie senada dengan apa yang diungkapkan Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy. Menurut dia, saat ini pasar SUV di Tanah Air berada dalam tren peningkatan.

“Pasar SUV saat ini berada tren SUV yang meningkat. Kalau kita lihat sekitar lima tahun lalu (porsi pasar SUV) itu masih di sekitar 11-13%, tetapi sekarang sudah di 17-18% lebih, mendekati 20%,” ungkap dia saat ditemui Motoris, di sela Toyota Jamboree 2019, Econvention, Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Daya pikat SUV tujuh penumpang, kata Anton, bukan hanya karena persepsi orang terhadap tampilannya yang lebih besar saja, tetapi juga dikarenakan pertimbangan fungsinya. Sebab, secara kultur masyarakat Indonesia suka berpergian bareng-bareng dengan keluarga atau teman, dan sebagainya.

Baca juga: Pabrik Sedan Toyota Terbesar di Dunia Bakal Produksi SUV Hybrid

Ilustrasi, Toyota Rush – dok.Motoris

“Di Toyota, Low SUV Toyota Rush memberi kontribusi yang terbanyak. Hal ini tidak lepas dari model baru yang kami luncurkan beberapa waktu, dengan kapasitas tujuh penumpang. Faktor utilitas, yakni tujuh penumpang itu menjadi faktor yang dipertimbangkan customer,” kata dia.

Data Gakindo menunjukan, pada periode Januari – Oktober lalu Rush terjual 52.353 unit. Jumlah ini naik 15,94% dibanding kurun waktu yang sama tahun 2018. Sedangkan kembarannya, Daihatsu Terios, di saat yang sama terjual 19.756 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS