Motor Cruiser BMW R18 Meluncur Tahun Depan

Motor Cruiser BMW R18 Meluncur Tahun Depan
BMW R18, motor cruiser bertampilan retro besutan BMW Motorrad - dok.Visordown

Munich, Motoris – Setelah sosok konsepnya muncul di dua hajatan berbeda yakni di di Competition of Elegance Villa d’Este awal tahun ini dan EICMA 2019 November lalu, kini BMW Motorrad memberikan informasi lebih banyak soal spesifikasi motor tersebut. Motor cruiser berpenampilan retro ini dibekali mesin big boxer 1.802 cc.

Seperti dilaporkan laman Visordown dan Motorcycles World, Sabtu (30/11/2019), motor dua silinder empat katup berpendingan cairan/oli itu dikalim mampu menyemburkan tenaga hingga 91 hp dengan torsi 116 pound-ft. Semburan tenaga ini disalurkan ke roda menggunakan transmisi enam tingkat percepatan.

BMW juga menawarkan gigi mundur pada transmisi itu sebagai opsi atau pilihan kepada konsumen. “Penggunaan mesin boxer yang mulai diproduksi BMW Motorrad sejak 70 tahun lalu itu membuktikan, bahwa mesin model ini terus terjaga kelangsungannya. Meski dengan serangkaian penyesuaian yang sejalan dengan zaman,” tulis media lokal Jerman.

Mesin 1.800 cc Big Boxer yang diusung BMW R18 – dok.Yahoo News

Penyesuaian dengan era kekinian itu bisa dilihat dari sistem manajemen kerja bagian-bagian mesin. Mesin ini menggunakan empat katup, pengapian ganda, ruang pembakaran modern, intake manifold, dimana sistem kerja dari bagian-bagian itu “dikelola” oleh sistem manajemen engine BMS-O.

Motor yang terinspirasi dari BMW R5, R50 dan R60/2 ini suspensi depannya menggunakan garpu upside down. Sedangkan suspensi belakang ditempatkan persis di bawah jok, sehingga terkesan rapi.

Tampilan belakang konsep BMW R18 – dok.Visordown

Setang dibuat minimalis untuk menguatkan kesan “clean” dan ringkas. Ini selaras dengan bentuk tangki ‘tear drop’ sekaligus klop dengan gaya desain fender belakang yang pendek.

Adapun peleknya yang berbentuk tebal dan lebar dibalut ban berukuran 21 inci (di bagian depan) dan 18 inci di bagian belakang. BMW Motorrad menyatakan, mulai memasarkannya tahun 2020 nanti. (Fan)

Mesin Big Boxer konsep BMW R18 – dok.Visordown

CATEGORIES
TAGS
Share This