Banderol Rp 113 Jutaan, Tata Altroz Sundul Honda Jazz Cs

Banderol Rp 113 Jutaan, Tata Altroz Sundul Honda Jazz Cs
Tata Altroz - dok.Car Blog India

New Delhi, Motoris – Tata Motors telah menggelar peluncuran global atau world premiere varian hatchback anyar besutannya, Altroz, di India, Selasa (3/12/2019) danmulai membuka pemesanan, Rabu (4/12/2019). Mobil ini disuguhkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 1.3 liter dan diesel 1.5 liter.

Pernyataan pabrikan yang dilansir laman Rushlane dan Hindustan Times, Selasa (3/12/2019), menyebutkan, Altroz dibangun di atas platform baru bernama arsitektur ALFA yakni singkatan dari Agile Light Flexible Advanced.

Dengan platform itu, Altroz diklaim menjadi mobil yang dinamis, lincah, nyaman dikendarai, serta aman. Hatchback ini memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.755 mm, dan tinggi 1.523 mm. Jarak sumbu rodanya 2.501 mm, dengan ground clearance 165 mm.

Dengan dimensi itu, Altroz disebut sebagai hatchback terluas di kelasnya. Faktanya, kata Tata Motors, memang lebih banyak ruang dan keleluasan untuk penumpang di bagian belakang. Kapasitas bagasinya juga besar, yakni 345 liter. Hingga 665 liter jika kursi belakang dilipat.

Baca juga:Penjualan di Pasar Hatchback, Yaris Masih Tertinggal Jazz

Tampilan belakang Tata Altroz – dok.Autocar India

Mesin bensin yang dicomot dari Tata Tiago 1.2 liter diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 86 PS dengan torsi 113 Nm. Sedangkan diesel 1,5 liter diambil dari Tata Nexon menghasilkan tenaga hingga 90 PS dengan torsi 200 Nm.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis lima tingkat percepatan. Selain itu ada opsi transmisi manual, juga lima tingkat percepatan.

Model terbaru hatchback Tata ini memiliki gaya desain yang khas. Lampu depan terpisah, bumper ramping, pelek berpotongan laser, serta atap dual tone. Tata Motors membanderolnya 5,5 – 8,5 lakhs atau sekitar Rp 113 juta – 174,54 juta.

Baca juga: Tata Motors Tak Gentar Hadapi Tantangan Pikap DFSK

Tata Altroz saat masih berupa konsep – dok.AutoExpo

Konsep Tata Altroz pertama kali diperkenalkan di hajatan India Auto Expo 2018. Kemudian, Tata memboyongnya ke gelaran Geneva Motor Show 2019. Pegenalan itu merupakan salah satu strategi pabrikan, untuk menegaskan bahwa Altroz merupakan produk global. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This