Biaya Kepemilikan Kijang Innova, Tak Merongrong Kantong

Biaya Kepemilikan Kijang Innova, Tak Merongrong Kantong
Toyota All New Kijang Innova - dok.Motoris

Jakarta, Motoris –Satu hal yang kerap luput dari sebagian besar masyarakat Indonesia saat akan membeli mobil adalah biaya kepemilikan atau dalam bahasa kerennya disebut sebagai Total Ownership Cost (TOC). Bicara TOC, Toyota Kijang Innova terbukti kompetitif.

TOC merupakan total biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil, sejak membeli mulai dari uang muka dan angsuran jika pembelian dilakukan secara kredit, pajak yang harus dibayarkan saban tahun, biaya perawatan berkala yang berupa ongkos penggantian suku cadang dan servis, biaya untuk pembelian bahan bakar.

“Bahkan, sampai depresiasi atau penyusutan dari nilai mobil yang bersangkutan. Dan ini, bisa dilihat ketika mobil dijual kembali, berapa harga jual di pasar sekunder atau pasar mobil bekas. Tetapi, yang harus diperhatikan, melihat apakah TOC sebuah mobil itu kompetitif atau tidak, perbandingannya harus apple to apple, jadi kalau MPV medium bermesin bensin juga harus dibandingkan dengan mobil sejenis dan sekelas dengan mesin yang sama (termasuk kubikasi mesinnya),” papar Deputy General Manager Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Andri Widiyanto, saat ditemui Motoris di sela acara Toyota Jamboree 2019, di Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Andri menyebut, sampai sejauh ini TOC Toyota Kijang Innova sangat kompetitif. Pernyataan Andri diamini Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy yang ditemui di tempat yang sama.

Baca juga: Desain Kijang Innova, Selalu Memadukan Fungsi dan Kebanggaan

Toyota All New Kijang Innova merupakan MPV medium dengan biaya perawatan dan operasional yang rendah – dok.Motoris

“Kalau harga, uang muka, angsuran, pajak, asuransi, itu relatif ya. Karena semua mobil dengan skema pembelian kredit bisa mengalami fenomena yang sama. Tetapi yang penting adalah biaya perjalanan yaitu ongkos bahan bakar (BBM), kemudian biaya perawatan baik untuk pembelian suku cadang maupun servis atau perbaikan. Kalau Toyota (Kijang) Innova – baik bermesin bensin maupun diesel – rata-rata Rp 5, 1 juta – Rp 5,2 juta hingga jarak tempuh 50.000 kilometer,” ungkap dia.

Biaya bahan bakar Kijang Innova, kata Anton, relatif murah. Pasalnya – untuk MPV medium – konsumsi bahan bakar mobil terbilang cukup efisien. Fakta ini telah dibuktikan oleh Motoris dengan melakukan perjalanan dari Jakarta – Solo, Jawa Tengah.

Toyota All New Kijang Innova Tipe G bermesin 2.0 liter tahun 2018, rata-rata konsumsi saat melewati jalanan biasa – dan relatif macet- dalam jalan tol Palikanci hingga Semarang, rata-rata konsumsi BBM, mulai dari 8,7 km/liter – hingga 10,7 km/liter dengan kecepatan tidak konstan yakni dari 60 km/jam hingga 140 km/jam.

Baca juga: Toyota Avanza dan Innova Masih Paling Moncer di Pasar Mobkas

Mesin Toyota Kijang Innova – dok.Toyota

Diakui pemilik dan mekanik 
Pernyataan Anton maupun Andri bukanlah isapan jempol semata. Beberapa pemilik Toyota Kijang Innova maupun mekanik bengkel mengakui hal itu.

“Kalau biaya perawatan, ongkos operasionalnya mahal, saya enggak mungkin bertahan mulai dari tahun 2004 sampai sekarang menggunakan Toyota (Kijang) Innova. Maaf, saya ada beberapa mobil yang digunakan sekeluarga, tetapi ke mana-mana dan paling disukai Kijang Innova. Biayanya murah kenyamanannnya oke,” ungkap Ketua Harian Toyota Innova Community, Fransisca FA saat ditemui di acara Toyota Jamboree 2019, beberapa waktu lalu.

Pengakuan serupa diungkapkan pemilik All New Kijang Innova Tahun 2015 bermesin diesel, Willy Irwanto. Warga Puri Permata, Cipondoh, Tangerang ini menyebut biaya perawatan mobilnya terjangkau dan tak merongrong kantong.

”Kita bicaranya sebuah MPV medium yaa. Untuk mobil dengan mesin yang sebesar itu, dengan kenyamanan yang diberikan. Biaya masih oke lah,” ucap dia saat ditemui Motoris, Selasa (3/12/2019).

Gambaran yang lebih pasti diberikan Service Advisor Bengkel Showroom Toyota di Cipondoh, Tangerang, Budiyanto. Baik Toyota Kijang Innova varian diesel maupun bensin,biaya perawatannya mudah dan ongkosnya relatif murah.

Baca juga: Kupas Rahasia di Balik Kenyamanan dan Ketangguhan Toyota Kijang Innova

Total Cost Ownership Toyota All New Kijang Innova tak memberatkan pemilik – dok.Motoris

“Karena sampai jarak tempuh 50.000 kilometer biaya jasa servis masih gratis. Jadi pemilik kendaraan hanya membayar harga sparepart dan oli saja,” kata dia.

Pada masa enam bulan pertama, atau jarak 10.000 kilometer, biaya perawatan Kijang Innova diesel yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 850.000. Biaya tersebut untuk pembelian minyak pelumas atau oli, filter udara, filter oli, serta gasket.

Biaya-biaya perawatan itu memang naik, seiring dengan penggantian sparepart seiring dengan penggunaan mobil yang menempuh jarak lebih jauh. Namun, kata Budi, biaya-baya tersebut masih sangat rasional, karena sesuai dengan harga sparepart dan nilai inflasi yang ada.

Sehingga, dalam hitungan resmi, hingga penggunaan hingga 50.000 kilometer pertama, total biaya perawatan Kijang Innova diesel sekitar Rp 5.170.000.

Baca juga: Bukti Kalau Toyota Kijang Innova Dicintai Masyarakat Indonesia

Toyota All New Kijang Innova mememiliki kenyamanan dan ketangguhan di atas rata-rata, tetapi biaya kepemilikannya yang di bawah rata-rata – dok.Motoris

Harga jual kembali tinggi
Sejumlah pelaku pasar mobil bekas, juga mengaku permintaan Toyota Kijang Innova di pasar mobil seken masih tinggi. Bahkan, hingga menjelang tutup tahun 2019 ini, bersama Toyota Avanza, Kijang Innova masih menjadi favorit pencari mobil bekas.

“Karena segmen MPV medium bekas sampai saat ini didominasi (Kijang) Innova. Selain itu, orang pilih (Kijang) Innova mungkin brand imagenya, kenyamanan dan keawetannya. Bisa juga karena fiturnya,” ungkap Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Pernyataan serupa diutarakan pimpinan showroom mobil bekas D’Queen, Cipondoh, Nanan Sutendy saat ditemui, Jumat (29/11/2019). “Harganya, juga masih relatif tinggi,” ucap dia.

Baca juga: Soal Value for Money, Kijang Innova Telah Membuktikannya

MPV Medium Toyota Kijang Innova tak hanya nyaman di jalan eraspal, tetapi juga di jalan tak beraspal – dok.Motoris

Nanan pun menyebut, beberapa model Kijang Innova lawas hingga terkini di pasar mobil bekas. Toyota Kijang Innova V tahun 2005 harganya masih Rp 110 jutaan, Toyota Kijang Innova tipe V diesel tahun 2016, banderolnya di kisaran Rp 375 jutaan.

Toyota All New Kijang Innova tipe G diesel tahun 2016 banderolnya masih di kisaran Rp 289 jutaan.Sedangkan Toyota All New Kijang Innova tipe G tahun 2017 dihargai Rp 265 jutaan di pasar mobil bekas. (ADV/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This