Selama Kuartal Ketiga, Fortuner Terus Teror Pajero Sport

Selama Kuartal Ketiga, Fortuner Terus Teror Pajero Sport
Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Persaingan di pasar medium sport utility vehicle (SUV), cukup ketat – dengan pemain Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, serta Isuzu MU-X – di mana Pajero Sport tercatat masih menguasai pangsa pasar.

Namun, jika dicermati, di rentang Agustus hingga Oktober atau kuartal ketiga, ternyata Toyota Fortuner berhasil “meneror” Pajero Sport.

Pada Agustus, PT Toyota Astra Motor (TAM) memang menggelontorkan versi anyar dari Fortuner, yakni Toyota Fortuner TRD. Suguhan ini diduga kuat menjadi pendongkrak penjualan SUV tersebut.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menunjukan, sepanjang Agustus Fortuner terjual 1.630 unit, September 1.075 unit dan Oktober 1.606 unit. Sedangkan Pajero Sport pada Agustus membukukan penjualan 1.346 unit, September: 1.098 unit, dan Oktober: 1.369 unit.

“Memang, setelah ada versi baru (Toyota New TRD yang diluncurkan Agustus di GIIAS 2019) permintaan meningkat. Dan kalau kita lihat, peminat Fortuner ini terus stabil (dalam jumlah), dan sebagai besar penggemar (loyalis brand) Toyota (mereka yang telah memiliki mobil Toyota),” ungkap Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, Rabu (4/12/2019).

Baca juga: Siasati Kondisi, TMMIN Konversi Fortuner Jadi Mobil Polisi

Toyota New Fortuner TRD Sportivo – dok.Motorisz

Sementara, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, saat ditemui sebelum peresmian fasilitas quick charging mobil listrik milik Mitsubishi Motors Indonesia di Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (26/11/2019) lalu mengaku optimis Pajero Sport masih akan memimpin pasar segmen ini.

“Pajero masih menjadi market leader. Memang, persaingan ketat dan dinamis. Tetapi bagaimana menghadirkan produk yang berkualitas dengan layanan purna jual yang terus kami tingkatkan kualitasnya merupakan fokus kami,” kata Irwan.

Faktanya, sepanjang Januari – Oktober, Pajero Sport memang masih unggul dibanding Fortuner. SUV ladder frame Mitsubishi itu mengantongi angka penjualan sebanyak 15.591 unit pada periode itu.

Sedangkan, pada periode sama, Toyota Fortuner membukukan penjualan sebanyak 14.252 unit. “Tetapi, tren positif yang kami temukan dalam beberapa bulan terakhir adalah sebaran penyerapan Fortuner yang meluas. Tidak hanya di wilayah yang memiliki pertambangan dan perkebunan saja, tetapi juga di wilayah perkotaan. Profil pembelinya juga banyak yang baru (menarik minat konsumen baru). Ini mengindikasikan bahwa pasar SUV juga meningkat,” kata Anton Jimmi.

Baca juga: Nissan Terra Belum “Bunyi” Hadapi Pajero Sport dan Fortuner

SUV Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Dugaan Anton diamini Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto. Mengutip data Gaikindo, dia menyebut sepanjang Januari – Oktober tahun ini, pangsa pasar SUV di Tanah Air memang meningkat.

“Tahun ini dari Januari – Oktober pangsa pasar SUV itu menjadi 17,4%, atau naik 0,5% dibanding (Januari – Oktober) tahun lalu,” papar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Tren ini, lanjut Jongkie, paralel dengan kecenderungan yang terjadi di pasar global. Meski, ada perbedaan di pasar global masih memilih SUV lima kursi penumpang, dan masyarakat Indobesia cenderung meminati SUV tujuh penumpang. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS