Swift Extreme Sapa Dunia, Jazz dan Yaris Patut Waspada

Swift Extreme Sapa Dunia, Jazz dan Yaris Patut Waspada
Konsep Suzuki Swift Extreme yang dilperkenalkan di pameran otomotif Bangkok Thailand - dok.Carscoops

Bangkok, Motoris – Hajatan Thailand Motor Expo 2019 yang berlangsung 29 November – 10 Desember 2019 lalu, telah menjadi pembuka mata bagi pabrikan mobil, tentang dinamika kompetisi di antara mereka. Di hajatan itu pula, Suzuki Motors Company telah menyampaikan pesan, bahwa ia siap untuk menggebrak segmen pasar hatchback dunia.

Seperti dilaporkan laman Carscoops dan The Bangkok Post, Selasa (10/12/2019), pabrikan asal Jepang itu memperkenalkan Suzuki Swift anyar. Konsep bernama Suzuki Swift Extrem ini seolah ingin mengatakan, “siap merebut hati konsumen” dengan tampilan terkini yang tengah menjadi tren.

Baca juga: Diproduksi di Pabrik Baru, Swift Siap Gedor Pasar Ekspor

Tampilan belakang konsep Suzuki Swift Extreme – dok.Carscoops

Kesan “berani” pada bagian eksterior merupakan bukti dari jawaban Suzuki terhadap tren yang kini tengah terjadi. Publik dunia, kini tengah dijangkiti “virus” demam mobil dengan gaya desain “berani” dengan garis-garis tegas.

Alhasil, Suzuki pun menghadirkan gril berkelir gelap dengan air intake yang lain dari biasanya, tudung di kap mesin dengan lubang udara yang menonjol, serta splitter berdesain anyar pada konsep tersebut. Begitu pun dengan lengkungan di atas rumah roda, seperti over fender warna hitam, dibuat lebih menonjol, serta pelek sport dengan ban berprofil rendah.

Baca juga: Sodok Xpander Cross, Suzuki XL6 akan Hadir di RI Awal 2020

Tampilan samping konsep Suzuki Extreme – dok.Carscoops

Gaya desain yang berbeda dari Swift generasi-generasi lawas juga bisa dilihat pada spoiler yang membentang di atap dan dilabur kelir hitam, serta spoiler sekunder yang berada di antara dua lampu belakang.

Begitu pula dengan diffuser yang disaput dengan kelir senada dengan warna bodi, kemudian ujung pipa knalpot – yang berfungsi atau tidak – juga menjadi penanda ubahan dari Swift, meski saat ini baru berupa konsep.

Kendati saat ini masih berupa konsep, dan apakah benar-benar dipoduksi atau tidak, namun para pesaing terutama Honda Jazz dan Toyota Yaris, sepertinya patut untuk mencermati. Sebab, ini kehadiran konsep itu membawa pesan, bahwa sewaktu-waktu Suzuki juga siap menggebrak segmen pasar, dimana mereka berdua berada. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This