Kebangkitan Penjualan SUV Ancam Polusi Udara

Kebangkitan Penjualan SUV Ancam Polusi Udara
Ilustrasi, mobil SUV SsangYong Musso- dok.Istimewa

London, Motoris – Bangkitnya pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tiga tahun belakangan ini menebar ancaman polusi udara yang disebabkan dari karbon dioksida (CO2).

Riset yang dilakukan Pusat Penelitian Energi Inggris (UKERC) menyebutkan, peningkatan emisi luar biasa mengiringi penjualan kendaraan sport. Sehingga keberadaan mobil listrik perlu didorong kuat.

Peningkatan tajam itu berdampak pada emisi gas buang keseluruhan dari mobil baru yang telah meningkat selama tiga tahun terakhir.

Peneliti UKERC, Prof. Jillian Anable seperti dilansir BBC menjelaskan, (CO2) SUV lebih besar dan lebih berat dari mobil standar. Setidaknya sekitar seperempat lebih banyak CO2 dari pada mobil ukuran sedang dan hampir empat kali lipat lebih banyak dari kendaraan listrik dengan baterai berukuran sedang.

Direktur UKERC ini menjelaskan dekarbonisasi pasar mobil penumpang tidak bisa lagi bergantung pada peralihan ke mobil listrik dan menghentikan penjualan mobil bermesin konvensional. Akan tetapi, ia menyarankan untuk segera memulai menghapus kendaraan yang paling berpolusi.

Ilustrasi, pabrik Chevrolet yang memproduksi SUV Chevrolet Trailblazer – dok.Detroit Free Press

“Sudah saatnya memberlakukan peraturan tegas untuk mengubah seluruh pasar mobil menjadi karbon sangat rendah, dari pada hanya berfokus pada kendaraan listrik,” ujarnya.

Selama empat tahun terakhir, penjualan SUV di Inggris tercatat sebanyak 1,8 juta unit. Sedangkan penjualan kendaraan listrik (BEV) melorot jauh dengan total hanya 47.000 unit. Pada tahun 2018, SUV menyumbang 21,2% dari penjualan mobil baru, atau meningkat 13,5% dari tiga tahun terakhir. Namun penjualan BEV masih rendah karena terbentur teknologi yang masih relatif baru.

Kendaraan listrik hanya mewakili sebagian kecil, yakni kurang dari 1% dari penjualan mobil baru pada tahun 2019 di negara Ratu Elizabeth. UKERC juga mengingatkan agar pemerintah tidak mengabaikan target emisi yang diusung Uni Eropa, yang mengeluarkan regulasi kepada produsen mobil yang lebih besar dan mobil lebih berat memiliki tingkat emisi yang lebih tinggi per kilometernya.

Sementara berdasarkan data wholesales yang dikeluarkan oleh GAIKINDO pada semester I (Januari-Juni 2019) total penjualan SUV di Indonesia mencapai 79.408 unit. Data wholesales sendiri dihitung berdasarkan pengiriman mobil dari storage ke diler sehingga bukan representasi penjualan ritel sesungguhnya ke konsumen.

Ilustrasi, SUV Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Pada tahun 2018, SUV mencatatkan penjualan 32.475 unit atau tumbuh lebih dari 10 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017 dengan penjualan 29.513.

Sedangkan pada low SUV sepanjang semester I membukukan penjualan 52.972 unit. Angka ini menurun dibandingkan penjualan pada kurun waktu yang sama setahun lalu dengan catatan penjualan 53.592 unit segmen LSUV. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS