Lusa Meluncur, Baleno Facelift Hadapi Tantangan Berat
Suzuki Baleno facelift beberapa waktu lalu meluncur di India - dok.Overdrive

Lusa Meluncur, Baleno Facelift Hadapi Tantangan Berat

Jakarta, Motoris– Versi penyegaran alias facelift dari hatchback Suzuki Baleno akan diluncurkan, Jumat (20/12/2019) lusa. Kehadirannya memang menjadi amunisi baru bagi PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) di tengah pasar mobil yang tengah muram, termasuk di segmen hatchback.

Kolega Motoris di agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu menyebut, sepanjang Januari – Oktober lalu, penjualan Suzuki Baleno berada di kisaran 4.400 – 4.420-an unit.

“Tetapi penjualan di November kemarin naik sekitar 9% dibanding Oktober, sehingga jumlahnya mencapai 370-an unit,” kata sang kolega saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Dengan kinerja penjualan seperti ini, tantangan yang harus dihadapi Suzuki Baleno masih berat. Bukan karena kondisi yang jeblok semata, tetapi juga gempuran para pesaing yang juga tak kalah hebat. Belum lagi, “rayuan maut”model-model lain di luar hatchback  dengan miring dan membuat goyah “iman” untuk berpaling.

Soal pasar, data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang Januari hingga September lalu, total wholesales  hatchback di Tanah Air hanya 30.953 unit. Jumlah ini turun cukup signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang masih sekitar 36.000 unit lebih.

Baca juga: Coba Gedor Pasar, Suzuki Mau Sodorkan Baleno Anyar

Interior Suzuki Baleno facelift dengan dual tone di India – dok.Overdrive

Sementara, dilihat dari pangsa pasarnya, hatchback dari tahun ke tahun juga masih belum banyak beranjak dari angka 15,8 – 16%. Malah, pangsa pasar ini juga cenderung menyusut.

Ihwal laju pasar hatchback yang tak secepat MPV maupun SUV, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menyebut karena selera sebagian besar masyarakat yang lebih meyukai mobil dengan kapasitas besar. Bahkan, di kalangan konsumen usia muda – yang merupakan target pasar hatchback – sekali pun.

Apalagi, tampilan, harga, fitur dan teknologi yang disodorkan model lain itu lebih menggiurkan.  Godaan untuk berpaling pun sangat kuat. Itulah yang terjadi saat ini.

“Dan ini soal budaya. Orang kita itu suka bepergian bersama keluarga, kerabat, kolega. Sehingga butuh kendaraan berkapasitas besar. Padahal, kalau kita lihat sehari-hari, MPV yang tujuh penumpang itu, hanya ditumpangi satu dua orang saja. Tetapi, itulah faktanya,” kata dia saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Suzuki Baleno Facelift di India – dok.Autocar India

Tertinggal pesaing
Tetapi tantangan yang tak kalah berat adalah selisih penjualannya dengan para pesaing yang cukup besar. Fakta berbicara, sepanjang Januari hingga September lalu, Honda Jazz yang merupakan penguasa pasar segmen ini, terjual 8.481 unit.

Meski longsor dibanding sembilan bulan pertama tahun 2018 lalu yang sebanyak 10.912 unit, namun penjualan hatchback Honda itu jauh di atas Suzuki Baleno. Begitu pun dengan penjualan Toyota Yaris yang berada di urutan kedua.

Baca juga: Swift Extreme Sapa Dunia, Jazz dan Yaris Patut Waspada

Ilustrasi, Suzuki Baleno, versi yang ada saat ini – dok.Motoris

Hatchback Toyota ini, di kurun waktu Januari – September terjual 6.220 unit atau ambles 19,26% dibanding penjualan di rentang waktu yang sama tahun lalu. Namun, penjualan ini masih di atas penjualan Suzuki Baleno.

Terlebih, baik Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia, dan PT Toyota Astra Motor yang merupakan pemegang merek Toyota, terus gencar melakukan komunikasi dan promosi produknya.

“Ketika ceruk pasar tempat produk itu berada  volumenya kecil,  dengan potential buyer yang cukup terbatas tetapi pemainnya banyak, maka tingkat persaingan akan semakin ketat. Sehingga, tidak cukup hanya secara above the line, tetapi juga harus intensif menggarap below the line. Itulah yang terjadi di segmen mobil ini (hatchback)kata peneliti senior Center of Reform on Economics Indonesia, Muhammad Faisal, saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Bagaimana dengan PT SIS dengan Baleno? Yang pasti, tantangan yang menghadang di depan mata juga tak ringan. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )