Suzuki Carry Masih Jadi Raja Pikap di RI

Suzuki Carry Masih Jadi Raja Pikap di RI
Pikap Suzuki New Carry - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku penjualannya ke diler (wholesales) sepanjang bulan November lalu mencapai 10.077 unit atau meningkat 16% dibanding dengan bulan sebelumnya. Dari jumlah itu, 57,98% dibukukan oleh pikap New Carry.

Seperti diungkap 4W Sales Director PT SIS, Makmur, pada bulan kesebelas, pikap Carry terjual  5.843 unit. “November 2019, wholesales New Carry yang menjadi rajanya pikap di Indonesia meningkat 4% dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Makmur, dalam keterangan resmi, Selasa (17/12/2019).

Pikap Suzuki hingga ini tercatat masih merajai penjualan kendaraan komersial jenis itu. Fakta yang tersaji di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan hal itu. Sepanjang Januari – Oktober misalnya, penjualan pikap Suzuki Carry dari diler ke konsumen (ritel) tercatat 42.336 unit.

Penjualan ini jauh di atas penjualan yang dibukukan pesaing beratnya, pikap Daihatsu Gran Max. Pada periode yang tersebut, penjualan ritel pikap Daihatsu Gran Max hanya 29.201 unit. Jumlah yang lumayan terpaut jauh dibanding Suzuki Carry.

Baca juga: Suzuki Carry Masih Asapi Daihatsu Gran Max

Pikap Suzuki New Carry yang diaplikasikan sebagai kendaraan angkutan kota – dok.Motoris

Tak cuma di sepuluh bulan pertama, pikap Suzuki Carry mengungguli pikap Daihatsu Gan Max, tetapi di November pun, pikap andalan PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM)  itu juga keok.

Data yang dirilis PT ADM, Jumat (13/12/2019) menunjukan, di bulan kesebelas tersebut penjualan ritel pikap Daihatsu Gran Max sebanyak  3.762 unit. Masih teraput jauh dibanding pikap Suzuki Carry yang terjual secara ritel 5.000-an unit lebih.

Taji pikap Suzuki Carry  juga terbukti tokcer untuk menguasai pasar low pickup sekaligus membungkam pikap Daihatsu Gran Max. Sepanjang tahun itu, wholesales Suzuki Carry sebanyak 55.267 unit (51% dari total penjualan seluruh merek). Sedangkan pikap Daihatsu Gran Max 42.250 unit.

Model lokal moncer

Makmur menyebut, model-model yang dibuat di dalam negeri Indonesia, pada bulan November memberi kontribusi terbesar terhadap penjualan Suzuki. Porsinya mencapai 87,9%.

Selain pikap New Carry, produk buatan lokal adalah Low MPV All New Ertiga. Model ini memberi kontribusi 25% terhadap wholesales Suzuki pada bulan November, dengan jumlah penjualan sebanyak 2.568 unit.

“Dibandingkan bulan sebelumnya, wholesales All New Ertiga meningkat sebesar 62%. Sementara itu, wholesales mobil hatchback Suzuki, Baleno pada bulan meningkat 9% dibandingkan bulan sebelumnya,” ucap Makmur.

Baca juga: Ternyata, Penjualan Ritel Tahunan Daihatsu Masih Lesu

Ilustrasi, Suzuki All New Ertiga – dok.PT SIS

Makmur mengatakan, peningkatan penjualan sepanjang bulan November 2019 mendorong Suzuki untuk turut memberikan dukungan positif bagi pencapaian target penjualan kendaraan bermotor di Indonesia.

Lebih dari itu, kata dia, pencapaian selama bulan November 2019 tersebut juga menjadi bukti bahwa produk-produk Suzuki mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This