Rem Bermasalah, Puluhan Ribu Mazda 3 Di-recall
Mazda 3 sedan - dok.Beyer Mazda

Rem Bermasalah, Puluhan Ribu Mazda 3 Di-recall

Washington, Motoris – Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat dalam laporannya menyatakan, Mazda Motor di negeri itu, akan menarik kembali (recall) 35.390 Mazda 3 model terbaru. Pasalnya, di model tertentu mobil yang diproduksi tahun 2019 itu, mengalami masalah pada Smart Braking System (SBS).

“Penarikan  mulai dilakukan pada 17 Februari 2020 mendatang,” bunyi pernyataan lembaga itu seperti dilansir situs resminya dan dikutip laman Autoevolution dan Carsguide, Sabtu (21/12/2019).

Mazda Motor juga telah memberikan pernyataan yang menyebut pemrograman di perangkat lunak kompouter mobil terindikasi bermasalah. “Pemrograman yang salah di perangkat lunak kontrol SBS dapat menyebabkan kendaraan salah mendeteksi rintangan di depan kendaraan saat mobil dikendarai,” bunyi pernyataan itu.

Untuk perbaikan, pabrikan asal Jepang itu menyebut perlakuannya berbeda-beda tergantung pada periode pembuatan. Pasalnya, antara satu model tahun produksi dengan lainnya memiliki sistem perangkat lunak untuk sistem kerja autobrake.

Ilustrasi, Mazda 3 hatchback – dok.CarsGuide

Namun, baik Mazda maupun NHTSA tidak memberikan informasi rinci apakah penarikan juga akan dilakukan bagi Mazda 3 yang dipasarkan di wilayah lain. Pasalnya, mobil ini – baik Mazda 3 sedan maupun hatchback – juga dijual di negara lain, selain di Amerika Serikat.

Di Indonesia, All New Mazda 3- baik hatchback maupun sedan – diluncurkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli lalu. Masing-masing dibanderol Rp 489,8 dan 538,8 juta. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )