Di RI Tamat, Mitsubishi Outlander Sport Anyar Segera Meluncur

Di RI Tamat, Mitsubishi Outlander Sport Anyar Segera Meluncur
Mitsubishi Outlander generasi terbaru diluncurkan di Eropa pada semster kedua tahun 2020 ini - dok.Carscoops

Jakarta, Motoris – Mitsubishi Motors di Eropa berencana menjual crossover Mitsubishi Outlander Sport generasi terbaru pada semester kedua tahun ini. Sebelumnya, prototipe Outlander Sport ini dikenalkan di hajatan Geneva Motor Show, Maret 2019.

Seperti dilaporkan laman Automotive News dan Carscoops, Kamis (2/1/2020), Presiden Mitsubishi Motors Eropa, Bernard Loire mengkonfirmasi crossover itu dirancang ulang dengan menggunakan platform yang bersumber dari aliansi Renault – Nissan – Mitsubishi. Sebelumnya dia sempat menyebut Outlander Sport anyar itu menggunakan platform milik Nissan Rogue.

“Kami menggunakan platform dari aliansi (Renault – Nissan – Mitsubishi) untuk mendayagunakan sumber-sumber kami. Pada akhirnya, ini bertujuan untuk mempertajam penetrasi penjualan,” ungkap dia.

Namun, jika platform Nissan Rogue itu dipilih, karena antara Outlander Sport dengan Crossover Nissan itu juga memiliki kesamaan karakter yang hampir mirip. Meski Rogue memiliki diensi ukuran yang lebih.

Dia lebih tinggi dan lebih luas. Panjang wheelbase-nya mencapai 2.705 milimter (mm). Sehingga, jika dibandingkan dengn Outlander Sport lawas, lebih panjang 35,5 mm.

Tampilan dari samping Mitsubishi Outlander generasi terbatu – dok.Carscoops

Hanya, Loire belum bersedia merinci spesifikasi dan jatidiri dari Outlander generasi paling gres itu. Begitu pula dengan harga, meski dia tak menampik informasi Outlander anyar ini merupakan produk global, yang artinya juga dijajakan di luar Eropa.

Beberapa waktu lalu, setelah diperkenalkan di hajatan Geneva Motor Show 2019, mobil ini dites jalan. Dari , foto-foto hasil bidikan para forografer terlihat, versi anyar ini  masih setia dengan konsep Engelberg Tourer. Hasilnya, fitur grill Dynamic Shield, atap yang relatif datar, serta garis-garis karakter tegas di bagian eksterior.

Tampilan belakang Mitsubishi outlander generasi terbaru – dok.Carscoops

Di Indonesia

Sementara di Indonesia, Mitsubishi Outlander Sport tak mampu menorehkan catatan gemilang dalam penjualan. Tak lama setelah diluncurkan tahun 2012 lalu penjualannya tergolong lembek. Bahkan di tahun-tahun berikutnya, penjualannya bawah angka 5.000 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat , sepanjang tahun 2018 lalu, penjualannya ke diler (wholesales) hanya 816 unit. Bahkan di tahun 2019, hingga Juli hanya laku 99 unit.

Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura, usai memperkenalkan varian anyar SUV Mitsubishi Eclipse Cross di Jakarta, Selasa (9/7/2019) malam secara tegas mengatakan pihaknya masih menjualnya. Meski, dia juga tak menampik MMKSI lebih baik fokus ke produk lain seperti Xpander, Pajero Sport, ketimbang Outlander Sport.

“Kami masih menjualnya sampai saat ini. Masih bisa dibeli di diler tapi sekarang stoknya sudah semakin menipis, jadi kalau mau beli segera,” papar dia tanpa menyebut angka pasti jumlah stok tersebut.

Mitsubishi Outlander Sport generasi lama – dok.Istimewa

Sedangkan seorang pramuniaga di diler Mitsubishi yang berada di Serpong, Tangerang Selatan, menyebut sudah sejak September lalu tidak menjual crossover itu. Artinya, Outlander Sport sudah tamat.

“Sudah lama bang enggak dijual. Kalau mau Pajero Sport tahun 2019 atau sebelumnya kondisi masih baru, masih ada. Paketnya menarik,” kata dia saat ditemui, di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (2/12/2019) kemarin. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS