Toyota Jepang Buka Pemesanan GR Yaris 

Toyota Jepang Buka Pemesanan GR Yaris 
Toyota GR Yaris - dok.Toyota

Chiba, Motoris – Toyota Motor Corporation (TMC) membuka pemesanan New GR Yaris di Tokyo Auto Salon hari ini, Jumat (10/1/2020). Versi teranyar mobil legendaris ini didesain mirip dengan yang digunakan tim Toyota di ajang World Rally Championship (WRC).

Laman Toyota menyebutkan, pemesanan bisa dilakukan peminat GR Yaris versi balap tersebut secara online untuk dua edisi terbatas, RZ First Edition dan RZ High-performance First Edition.
“Pre-order akan dibuka mulai 10 Januari sampai 30 Juni 2020, atau sekitar 6 bulan,” bunyi keterangan resmi Toyota.

Dalam mengembangkan GR Yaris untuk keperluan komersial, Toyota berkonsultasi dengan tim Tommi Mäkinen Racing yang membantu Toyota menjadi jawara WRC. Nantinya seluruh produk komersial Toyota bernuansa balap akan disadur dari mobil balap yang digunakan tim Toyota GAZOO Racing’s sports car yang dirilis pertama kali pada 2017 lalu di sela pelaksanaan balap WRC di sirkuit Rallye Monte-Carlo di Monaco.

“Berbagai mobil yang diadopsi dari model mobil balap Toyota di ajang WRC sudah dijual dan digunakan secara reguler di seluruh dunia. Sama halnya seperti GR Yaris, yang dikembangkan sebagai mobil yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Toyota.

Interior Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Tim balap yang beranggotakan Sébastien Ogier/Julien Ingrassia, Elfyn Evans/Scott Martin dan Kalle Rovanperä/Jonne Halttunen itu membantu tim riset Toyota dalam menciptakan mobil yang memiliki keseimbangan dan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Selain itu, pada bodi bagian atas, selain menggunakan aluminium untuk kap, tutup bagasi, dan panel pintu, GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon yang dibentuk menggunakan metode compound moulding. Untuk masuk ke kabinnya, GR Yaris hanya dilengkapi tiga pintu seperti mobil balap pada umumnya.

GR Yaris menggunakan platform sports 4WD dan mencontek mesin balap TNGA yang digunakan tim GAZOO. Toyota menyematkan mesin turbo direct-injection tiga silinder segaris 1.6 liter ke tubuh GR Yaris. Konfigurasi tersebut memungkinkan terjadinya pembakaran berkecepatan tinggi dari mesin TNGA, sehingga mampu meningkatkan putaran mesin secara ringan.

Toyota GR Yaris saat dites – dok.Toyota

GR Yaris semakin melaju kencang berkat optimalisasi turbocharger dan elemen lain dari sistem instake dan exhaust udara sehingga bisa menghasilkan kinerja maksimum pada berbagai tingkat kecepatan mesin. GR Yaris sendiri memiliki enam percepatan iMT (Intelligent Manual Transmission), yang memungkinkan pergantian gigi secara ritmis, dan mampu memberikan akselerasi luar biasa sambil tetap membuat nyaman pengendaranya.

Lebih lanjut, sistem penggerak 4WD sport “GR-Four” yang baru dikembangkan Toyota diaktifkan oleh kopling multi-pelat, yang diklaim mampu mentransfer daya ke keempat roda dengan maksimal. Sistem ini memungkinkan pengendara melaju halus diberbagai kondisi jalan, berkat stabilitas mengemudi yang mantap.

“Produksi GR Toyota akan dilakukan di Pabrik Motomachi Toyota, yang memiliki rekam jejak yang panjang dan solid dalam pembuatan mobil sport. Sementara perakitannya akan dilakukan oleh tim Takumi,” kata Toyota.

Tampilan belakang Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Tertarik buat memiliki GR Toyota? Siapin saja uang 3,96 juta yen setara Rp497,8 juta buat menebus tipe RZ First Edition atau 4,56 juta yen sekitar Rp573,06 juta jika melirik tipe RZ High-performance First Edition. Ingat, harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dan bea masuk ke Indonesia. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This