Skuter Listrik Elvindo Meluncur, Dijual Lebih Murah dari Gesits

Skuter Listrik Elvindo Meluncur, Dijual Lebih Murah dari Gesits
Pengenalan sepeda motor listrik Elvindo - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Meski belum ada kejelasan regulasi, namun sudah banyak pemain kendaraan listrik yang hadir di Tanah Air. Bahkan, kini skuter listrik pun sudah bertambah dengan munculnya Electric Vehicle Indonesia atau Elvindo yang sudah resmi mengenalkan fasilitas perakitannya di Kawasan Industri Cikupa, Tangerang.

Skuter listrik yang dinaungi PT Indo Jaya Motor Electric ini, hadir tak hanya sekadar untuk meramaikan saja, tapi juga menepis tanggapan umum yang menyatakan bila kendaraan listrik memiliki harga yang tinggi.

Percaya tidak percaya, dengan enam tipe yang akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat, skuter listrik CKD asal Cina akan dijual dengan harga mulai dari Rp 5 – Rp 13 jutaan. Bahkan bisa digunakan di jalan raya karena dijual lengkap dengan STNK dan BPKB.

“Kita menjawab kebutuhan masyarakat menengah yang ingin beralih ke motor listrik tapi dengan harga yang sangat murah. Hal ini juga sekaligus menepis anggapan bila skuter listrik itu harganya mahal,” ucap Direktur Utama Elvindo Hengky Wijaya dalam peresmian fasilitas perakitan di Cikupa, Banten, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Hengky, nantinya skuter listrik Elvindo akan dipasarkan untuk umum dengan target masyarakat menegah ke bawah. Karena itu, peta jaringan penjualannya buka berada di kota besar, melainkan kabupaten kota.

Walau diklaim akan dilengkapi dengan nomor polisi sehingga bisa bebas berseliweran di jalan raya, tapi untuk prosesnya tidak instan, Karena sampai saat ini Elvindo sedan dalam masa persiapan uji tipe dan sertifikasi lebih dulu.

Ragam varian sepeda motor listrik Elvindo – dok.Motoris

“Nanti akan dipasarkan lengkap dengan nomor polisi, tapi saat ini sedang proses persiapan uji tipe dulu. Kita harapkan dalam waktu depat sudah bisa dinikmati oleh masyarkat luas,” kata Irjen Pol Purn. Setyo Wasisto yang menjabat sebagai Komisaris Elvindo.

Untuk model yang akan dipasarkan pertama, nantinya akan bernama Elvindo Rama. Skuter listrik ini menggunakan baterai 60V/20A ; 60V/12A dan motor 1.000W. Dalam kondisi baterai yang penuh, Elvindo Rama diklaim mampu menjelajah antara 65 sampai 85 km.

Menariknya, ada tiga tipe metode berkendara yang disajaikan. Pembagian mode berkendara ini bukan mengarah pada sisi performa, tapi lebih untuk mengejar sisi efesiensi penggunaanya.

Untuk sitem pengecasan, setiap pembelian Elvindo juga nantinya sudah dilengkapi dengan charging portabel yang bisa dicolokan sendiri pada stop kontak rumah. Dengan begitu pemilik tak perlu khawatir kehabisan daya listrik ketika menggunakannya.

Sejumlah pejabat menghadiri pengenalan seoeda motor listrik Elvindo, di Cikupa, Banten – dok.Motoris

 

Lokalisasi
Meski saat ini statusnya masih CKD, namun ke depan Elvindo akan mengejar kandungan lokal komponen hingga 40%. Target ini ditetapkan untuk dua tahun ke depan, dan jumlahnya dipastikan akan lebih besar lagi saat pabrik produksinya sudah berjalan di Subang, Jawa Barat.

“Kita akan bangun pabrik di Subang dengan mitra kami dari China, jadi di sana akan menjadi pusat produksi, bahkan untuk pasar Asia Tenggara juga. Tahap awal TKDN kita kejar ke 40%, jadi nanti parts yang bisa kita dapat dari sini tidak lagi kita datangkan dari Cina, seperti ban, rem, dan lainnya,” papar Setyo. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This