Ini Rekomendasi 5 Motor untuk Touring Jarak Jauh

Ini Rekomendasi 5 Motor untuk Touring Jarak Jauh
Royal Enfield Himalayan - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang terkadang membuat kita merasa jenuh dan bosan, menjajal jalur dengan jarak puluhan kilo bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus mencari pengalaman baru.

Untuk mendapatkan pengalaman touring yang menyenangkan, tentu butuh motor yang layak dan nyaman. Saat ini pasar India dibanjiri dengan pilihan menarik untuk motor yang cocok dipakai touring dengan harga kompetitif. Bahkan harganya di bawah Rp38 juta.

Berikut lima urutan teratas motor-motor nyaman untuk dipakai touring jarak jauh, dikutip dari Bike Dekho:

Bajaj Pulsar 200cc
Lebih mirip motor balap, Bajaj Pulsar 200 CC memiliki bodi besar dengan tampilan yang begitu agresif. Meski tampak garang, fairing di bagian setang clip-on yang diangkat pada Pulsar 200 CC membuat motor gede ini tak lincah. Meski ada minusnya, desain fairing sendiri berfungsi untuk mengurangi terjangan angin ketika menjajal rute jarak jauh.

Motor dengan kapasitas mesin 199,5cc ini memiliki silinder tunggal dan berpendingin cair yang bisa menghasilkan tenaga 24,5 PS dan torsi 18,6 Nm.Dengan kapasitas tangki besar yaitu 13 liter, Pulsar RS 200 cocok digunakan untuk jalur menanjak di area pegunungan.

Bajaj Pulsar 200 cc – dok.Motorbeam

Suzuki Gixxer 250cc 
Jika tampilan motor touring biasanya garang, Suzuki Gixxer SF 250 tak akan tampak mencolok. Gixxer SF 250 lebih mengedepankan multi fungsi, karena bisa juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Daripada garang dan agresif, Gixxer SF 250 lebih terkesan sporty, layaknya motor balap dengan versi yang lebih ramping.

Suzuki Gixxer memiliki mesin 249cc dengan silinder tunggal. Dibanding, mesin motor berpendingin cair yang konvensional, Suzuki Gixxer 250cc dilengkapi dengan sistem pendingin oli yang membuat motor jauh lebih ringan.

Tak seperti pesaing sebelumnya, Suzuki Gixxer memang tidak terlalu cepat. Hanya bisa menghasilkan tenaga 26,5 PS dan 22,6 Nm. Gixxer juga hanya memiliki tangki bahan bakar 12 liter. Namun, jika dipakai touring, Suzuki Gixxer tidak akan terasa berat pada rpm yang lebih tinggi.

Suzuki Gixxer 250 varian Metallic Matte Black – dok.Istimewa

Bajaj Dominar 400 2019
Bajaj Dominar 400 2019 punya tampilan yang lebih sederhana. Dibandingkan pendahulunya Bajaj Pulsar 200 CC, Dominar punya kesempurnaan lain yaitu, lebih lincah.

Dominar mesin 40PS berpendingin cairan modern. Tampilan Dominar tampak lebih sporty dengan lampu LED di bagian depan dan belakang. Jika produk sebelumnya unggul di kecepatan dan besar, Dominar memiliki desain yang lebih nyaman.

Bahkan posisi berkendara untuk dua produk sebelumnya harus merunduk. Dominar tak seperti itu. Posisi berkendara dengan tegak kuda-kuda membuat Dominar nyaman digunakan berkendara selama berjam-jam.

Karena posisi duduk yang nyaman, pengendara akan merasa aman bahkan ketika kecepatam motor ada di atas tiga digit. Bajaj Dominar 400 juga memiliki kapasitas tangki 13 liter. Jika tangki penuh, motor bisa digunakan touring untuk 300 km. Anda siap?

Royal Enfield Himalayan
Brand terkemuka asal Inggris Royal Enfield juga tak ingin ketinggalan. Motor yang punya label harga mahal tersebut juga punya versi pasar untuk kelas menengah, misalnya Royal Enfield Himalayan.

Jika dilihat dari tampilan luar, kesan retro yang khas masih tampak pada Royal Enfield Himalayan. Royal Enfield memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter. Dari semua keunggulan yang ada, ternyata Royal Enfield

Himalayan punya kekurangan, Himalayan memiliki ABS dual-channel sebagai standar tidak dapat diganti.
Kecepatan Himalayan mencapai 100-110 kilo meter per jam, meski nyaman dikendarai, jika agak lama digunakan motor jenis Himalayan akan terasa berat.

Ilustrasi, Royal Enfield Himalayan Adventure Tenerife – dok.Istimewa

Honda CBR 250 cc
Bagi pecinta motor balap, Honda CBR 250 CC mungkin sulit untuk ditolak. Tampilannya tampak garang dan masih nyaman jika digunakan untuk touring. Honda CBR250R memiliki engine berpendingin cairan 249,6 CC yang bisa mendorong motor sampai berkecepatan 26,5 PS.

Motor yang didesain dengan tampilan sederhana sebagai motor di kelas 250cc , Honda CBR 250cc  punya kecepatan tinggi dan ada di peringkat atas di kelasnya.

Keunggulan lain dari Honda CBR 250cc  tersebut yaitu memiliki anti getar dan kapasitas tangki yang besar yaitu 13 liter.

Ilustrasi Honda CBR250RR model 2019 – dok.Young Machine

Royal Enfield Thunderbird 500cc
Jika tidak puas dengan Royal Enfield Himalayan, coba rogoh kocek sedikit dalam untuk menebus Royal Enfield Thunderbird 500 cc. Dengan injeksi bahan bakar sebesar 499cc yang bisa menghasilkan tenaga 27,5PS dan torsi 41,3 Nm.

Royal Enfield Thunderbird 500 cc memiliki CC besar, sangat nyaman untuk touring santai, yaitu dengan kecepatan, 80-90 km/jam. Thunderbird juga memiliki tangki bahan bakar sebesar 20 liter. Sepeda motor ini juga memiliki ABS dual-channel sebagai standar. (Gen)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This