Kia Seltos Meluncur di RI, Bisakah Selaris di India?

Kia Seltos Meluncur di RI, Bisakah Selaris di India?
Kia Seltos sudah dipasarkan di Filipina - dok.Autoindustriya

Jakarta, Motoris – Setelah santer disebut-sebut oleh personal di kalangan Indomobil bakal segera meluncur di awal tahun 2020 ini, akhirnya kepastian kehadiran SUV kompak Kia Seltos versi paling baru – All New Seltos – terjawab. Mobil ini bakal diluncurkan Senin (20/1/2020), pekan depan.

PT Kreta Indo Artha (KIA) telah mengirimkan undangan ‘Grand Launch: The All-New Seltos’. Hanya, belum disebutkan varian Seltos yang akan diluncurkan itu, apakah varian bermesin 1.4 liter atau lainnya.

Sebelumnya, seorang kolega Motoris di Indomobil Group mengaku mendengar kabar tersebut, tetapi belum menyebut varian yang bakal meluncur itu. Versi anyar Kia Seltos di negeri asalnya ditawarkan dalam beberapa varian mesin. Sang kolega menduga, varian yang diluncurkan di Tanah Air merupakan varian 1.4 liter turbo.

“Ini kalau kita melihat peta persaingan di SUV kompak. Kan yang ada saat ini, pesaing juga bermesin segitu  (.14 – 1.5 liter) dengan turbo. Ada Honda CR-V 1.5 Turbo, dan lainnya. Soal kapannya (peluncuran), saya enggak tahu persis. Tapi, segera,” ucap dia saat dihubungi, Selasa (31/12/2019).

Kia Seltos  – dok.Autoblog

Sedangkan Marketing and Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo yang dihubungi Motoris, Selasa (14/1/2020) memastikan peluncuran dilakukan Senin (20/1/2020) pekan depan. Namun, untuk varian dan spesifikasi mobil, dia masih enggan menyebutkan. “Untuk informasi lainnya, nanti tanggal 20 (Januari) saja,” kata dia.

Sekadar catatan, Kia Seltos paling gres itu sudah dijajakan di sejumlah negara Asia dan bahkan rencananya juga digelontorkan ke benua Eropa dan Amerika. Di Asia, negara yang telah diserbu SUV kompak ini adalah India dan Filipina.

Seperti dilaporkan laman India Car News, sejak dijual di India pada Agustus lalu, hingga November Kia Seltos membukukan penjualan sebanyak 40.849 unit. “Tren penjualan dari bulan ke bulan juga terus naik. Dengan penjualan Kia Seltos yang sebanyak itu, Kia telah telah menjadi merek keempat terbesar di India pada November lalu setelah Tata Motors, Toyota, serta Honda,” tulis laman itu, Sabtu (28/12/2019).

Pada Agustus Kia Seltos terjual sebanyak 6.236 unit, September 7.754 unit, dan Oktober membukukan penjualan sebanyak 12.854 unit. “ November, kembali naik sehingga mencapai 14.005 unit,” sebut India Car News.

Tampilan belakang Kia Seltos – dok.Autoblog

Di Filipina seperti dilaporkan Manila Inquirer, Jumat (27/12/2019) Kia Motor di Filipina mengklaim sejak diluncurkan 6 November hingga pekan ketiga Desember 2019, pesanan Kia Seltos telah mencapai sekitar 5.000 unit. “Permintaan berada pada tren peningkatan,”sebut agen pemegang merek Kia di Negeri Pisang tersebut. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This