Penjualan Sedan Camry Melejit di 2019 Karena Faktor Ini

Penjualan Sedan Camry Melejit di 2019 Karena Faktor Ini
Ilustrasi, sedan Toyota Camry- dok.Carscoops

Jakarta, Motoris – Penjualan sedan Toyota sepanjang tahun 2019 lalu tercatat sebanyak 2.853 unit atau naik 36,6% dibanding penjualan sepanjang tahun 2018. Data internal PT Toyota Astra Motor menunjukan, Toyota Camry tercatat sebagai model paling laris di daftar penjualan sedan Toyota, bahkan di antara merek-merek lain.

“Camry menjadi penopang utama penjualan sedan Toyota. (dia laris) karena adanya versi baru,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Motoris, Selasa (21/1/2020) malam.

Sedan medium ini membukukan penjualan sebanyak 1.722 unit selama tahun 2019. Jumlah itu melejit 136,9% dibanding tahun sebelumnya .

Bahkan, Camry juga berhasil merebut 73,4% pangsa pasar di segmen sedan medium. Pangsa pasar yang dicengkeramnya meningkat signifikan dibanding peengusaan tahun sebelumnya yang sebesar 51,9%.

Toyota All New Camry resmi meluncur di Indonesia – dok.PT TAM

Anton berharap, tren positif yang dibukukan Camry tersebut terus berlanjut hingga tahun ini bahkan tahun 2021. Sebab, sejatinya penggemar sedan di Indonesia cukup banyak dan memiliki loyalitas tinggi.

Senada dengan Anton, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto juga mengatakan, peminat mobil sedan di Indonesia cukup banyak. Mereka bukan hanya dari kalangan usia tua atau dewasa, tetapi juga kalangan muda.

“Hanya sayang, sebelum-sebelumnya kan pajak sedan itu lebih tinggi dari model MPV maupun SUV. Sehingga, orang enggan membeli sedan. Mudah-mudahan dengan skema pajak baru khususnya PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah), yang nanti berlaku tahun 2021, bisa memberi stimulus ke pasar sedan. Artinya, ada potensi pasar sedan tumbuh,” ungkap dia saat dihubungi, Selasa (21/1/2020).

Menurutnya, konsumen pasar sedan – terlebih di segmen medium ke atas – merupakan segmen emotional market.  Gaya hidup, prestis, kenayaman, keamanan, menjadi faktor utama bagi mereka. Loyalitas mereka terhadap merek sangat tinggi, karena melibatkan faktor emosional.

Toyota All New Camry – dok.Istimewa

Jika mereka telah cocok dan suka terhadap model sedan dari sebuah merek tertentu, maka minat membeli juga tinggi. “Dan umumnya, sentiment yang mendorong konsumen kelompok ini adalah, model baru, teknologi baru, dan lainnya yang berkaitan dengan faktor emotional dan gaya hidup,” imbuh Jongkie. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This