Suzuki India Setop Produksi dan Jual Baleno RS
Suzuki Baleno RS di India - dok.Autoportal

Suzuki India Setop Produksi dan Jual Baleno RS

New Delhi, Motoris – Maruti Suzuki India dikabarkan bakal menghentikan produksi atau mendiskontinyu produksi hatchback Suzuki Baleno RS, dan belum ada kabar apakah pabrikan akan menyuguhkan pengganti varian tersebut. Sejumlah media lokal India menyebut, penghentian produksi itu dilakukan Suzuki di negeri itu karena permintaan varian tersebut terus menyusut.

“Perusahaan secara sadar mengambil keputusan ini karena permintaan yang buruk, meskipun beberapa unit yang belum terjual masih bisa didapatkan (konsumen) di diler,” tulis laman Autoportal dan Drive Spark mengutip sumber di Maruti Suziki India, Jumat (24/1/2020).

Hanya tak disebut berapa toal penjualan varian Suzuki Baleno RS tersebut, dan berapa penyusutan yang terjai dari waktu ke waktu, sejak mobil tersebut diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Namun, data yang dilansir Asosiasi Industri Otomotif India dan dikutip Autportal menunjukan, sepanjang tahun 2019 lalu, penjualan total seluruh varian Suzuki Baleno mencapai 171.991 unit.

Selain itu, Suzuki Baleno RS ini juga belum memenuhi standar emisi BS6 – yang merupakan standar emisi di India – yang bakal berlaku mulai April tahun ini. “Model ini belum diperbarui untuk mematuhi norma (standar) emisi BS6 yang mulai berlaku 1 April 2020. Ini mengisyaratkan bahwa kemungkinan penjualannya akan segera dihentikan dari pasar,” tulis Car Wale.

Ilustrasi, interior Suzuki Baleno RS – dok.Patrika

Suzuki Baleno RS mengusung mesin bensin 1.0 liter K10C tiga silinder boosterjet. Mesin yang diimpor dari Jepang itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 100bhp pada putaran mesin 5.500rpm dengan torsi 150 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm. Semburan tenaga ini dinyatakan 20% lebih besar dibanding mesin 1.2 liter naturally aspirated, meski dari segi kubikasi isi silinder lebih kecil.

Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, Baleno RS disebut mampu berakselerasi dari kecepatan 0 kilomeper per jam (kpj) ke kecepatan 100 kpj hanya dalam tempo 11,4 detik. Kecepatan maksimumnya diklaim menyentuh angka 199 kpj.

Maruti Suzuki juga mengimbuhi keterangan spesifikasi mobil itu dengan konsumsi bahan bakarnya yang disebut sangat irit. Berdasar sertfikasi ARAI – Automotive Research Association of India atau organisasi riset dan pengembangan industri otootif yang didirikan asosiasi industri dan pemerintah India pada tahun 1966 lalu – disebutkan, konsumsi BBM Baleno RS mencapai 21,1 kilometer per liter.

Suzuki Baleno RS versi reguler – dok.The Financial Express

Laman Economic Times menyebut, Suzki India pada September 2019 lalu sempat memangkas harga jual Baleno RS  1.0 liter boosterjet ini, sebesar 1 lakh atau 5.000 rupee. Hal ini dilakukan demi menggenjot penjualan varian itu, namun hasilnya tak banyak perubahan. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )