Penjualan Xpander Cross Capai Target yang Ditetapkan

Penjualan Xpander Cross Capai Target yang Ditetapkan
Mitsubishi Xpander Cross di Bali - dok.Motoris

Ubud, Motoris – Sejak diluncurkan pada 12 November 2019 lalu hingga akhir Januari 2020, Mitsubishi Xpander Cross telah terjual sebanyak 3.933 unit. Angka penjualan ini merupakan penjualan rtel yakni angka riil penjualan langsung ke konsumen.

Fakta ini diungkap Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya, di sela acara tes drive sejumlah mobil Mitsubishi yang bertajuk #AyoGasTerus Media Adventure 2020, di Ubud, Bali.

“Xpander Cross ini kita launching November ya (12 November). Dan sampai Desember kita sudah jual 2.121 unit. Kemudian di Jjanuari 1.812 unit, jado total, kurang lebih 3.933 unit. Porsinya, (penjualan di) Jabodetabek 39% kurang lebih, Jawa Timur 11%, Jawa Barat 9%, Jawa Tengah 5% dan Sumatra 4%,” papar Imam.

Dia mengatakan, pada saat diluncurkanm crossover berbasis Mitsubishi Xpander ini diharapkan bisa menyumbang penjualan Mitsubishi Xpandersecara keseluruhan sebanyak 1.500 – 2.000 unit. Artinya, lanjut Imam, dengan penjualan yang dibukukan hingga Januari lalu, Xpander Cross yang kini berbanderol mulai Rp 270,7 juta itu telah memenuhi harapan tersebut.

Penjualan terbanyak Xpander Cross terjadi di kawasan Jabodetabek dan Jawa Timur – dok.Motoris

Data yang dikmpilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepanjang tahun 2019 kemarin, Mitsubishi Xpander (termasuk di dalamnya Xpander Cross) terjual sebanyak 62.666 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Xpander berada di peringkat kedua terlaris di bawah Toyota Avanza yang membukukan penjualan sebanyak 86.374 unit.

Soal peringkat, kata Imam, MMKSI tak mempersalahkan dan menganggap hal itu paling penting. Menurut dia, hal yang terpenting adalah bagaimana memacu peningkatan volume penjualan dan mobil yang bersangkutan mendapatkan tempat di hati konsumen yang loyal.

“Apakah rangking satu atau dua, itu enggak masalah. Yang penting, bagaimana bagaimana kita semaksimal mungkin bisa (membuat) volume meningkat dan kendaraan bisa diterima maksyarakat,” ujar dia.

Penjualan Xpander Cross telah menyencapai target yang ditetapkan – dok.Motoris

Imam menambahkan, pasar di tahun 2020 ini berpotensi naik mengingat kecenderingan perekonomian yang tumbuh. Selain itu, kini tren di masyarakat yangmenyukai kendaraan dengan tampilan gagah seperti SUV, sesuai dengan langkah MMKSI yang menggelontorkan Xpander Cross.

“Tren itu yang kita tangkap. Makanya, kita bisa masuk dari dua sisi yaitu Low MPV dan Low SUV. Bagi mereka yang ingin transisi dari Low MPV bisa masuk, dan merek yang menginginkan tampilan gagah juga bisa. Artinya, Xpander Cross tidak hanya menjadi pilihan tepat bagi customer di dua sisi itu, tetapi juga bagi yang transisional tersebut. Jadi potensinya besar,” imbuh Imam. (Lut)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This