Honda CRF1100L Africa Twin Bermesin Baru Hadir di RI

Honda CRF1100L Africa Twin Bermesin Baru Hadir di RI
Honda CRF1100L Africa Twin bermesin baru diluncurkan di pasar Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengulik segmen motor gede di Indonesia. Di bulan kedua tahun 2019 ini, agen pemegang merek sepeda motor Honda di Tanah Air itu menyuguhkan Honda Rebel facelift dan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sport.

Satu hal yang menarik dari keduanya adalah Honda CRF1100L Africa Twin, karena disebut menggunakan mesin anyar. “Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” kata President Director PT AHM, Toshiyuki Inuma saat peluncuran di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Mesin yang diusungnya, berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 75 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 105 Nm pada 6000 rpm.

Honda Indonesia juga menyebut, bobot motor penjelajah ini lebih ringan 5 kg dibanding model lawas. Sealin itu sederet fitur canggih juga disematkan.

Peluncuran Honda CRF1100L Africa Twin bermesin baru dan Honda Rebel versi facelift di Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020 – dok.Motoris

Diantara fitur itu adalah, sensor Inertial Measurement Unit (IMU) berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam enam poros, dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS. Alhasil, sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Honda juga mengaplikasikan 4+2 riding mode, sehingga pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi. Ada empat mode yang ditawarkan yakni mode tour, urban, gravel dan off-road. Selain itu ada dua riding mode tambahan yang bisa dipilih, yakni mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara sesuai kebutuhan

Penonaktif ABS belakang
Pabrikan berlambang sayap mengepak itu juga melengkapi motor gede adventure itu dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini menawarkan tujuh tahap kontrol (mode), yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

Sedangkan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara. Fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth.

Honda CRF1100L Africa Twin versi baru – dok.Motoris

Pada tipe DCT terdapat dua mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan warna Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru.

Tipe bertransmisi manual motor ini dibanderol Rp 559,9 juta dan tipe DCT Rp 599,9 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta. (Hrp)

CATEGORIES
TAGS
Share This