Pasar Kecil, HPM Target Civic Hatchback RS Laku 1.800 Unit

Pasar Kecil, HPM Target Civic Hatchback RS Laku 1.800 Unit
Tampilan depan Honda Civic Hatchback RS - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) masih percaya diri bermain di segmen hatchback meski ceruk pasar model hatchback terbilang kecil, bahkan berada di tubir penurunan. Agen pemegang merek Honda di Indonesia itu menggelontorkan tipe anyar, yakni Civic Hatchback RS.

“Hadirnya Civic Hatchback RS memang atas dari permintaan konsumen. Kita tahu, bila RS sudah menjadi ikon sporty dari Honda, jadi Civic yang sudah sporty kita kuatkan lagi karakternya, kita tambah sporty lifestyle-nya,” tutur Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat peluncuran di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Namun, seiring dengan peluncuran tipe ini, dua tipe yang ada sebelumnya – tipe S dan E – dihentikan penjualannya. “Kami menargetkan penjualan model ini 150 unit per bulan. Tahun lalu 1.500 unit dalam satu tahun, untuk sekarang jadi 1.800 unit. Jadi, kami optimistis penjualan masih dapat naik,” kata Yusak.

Masih realistiskah target yang dipatok HPM ini? Akankah tercapai atau terlampaui, atau sebaliknya? Waktulah yang akan menjawab semuanya. Tetapi yang pasti, selain ceruk pasar yang kecil, Honda Civic RS ini juga bakal bertarung keras dengan pesaingnya, All New Mazda 3 yang juga terbilang baru melenggang di pasar hatchback medium di Tanah Air.

Interior Honda Civic Hatchback RS – dok.Motoris

Sementara, data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sejak diluncurkan pada tahun 2017 hingga akhir 2019, Honda Civic Hatchback hanya membukukan penjualan sebanyak 5.232 unit. Dan sepanjang tahun 2019 lalu, dia hanya laku 1.579 unit, dengan pangsa pasar 5%.

Fakta lain menunjukan, pasar hatchback dari tahun ke tahun terus menurun. Tercatat, Jika di tahun 2012 penjualan masih sebanyak 73,196 unit, pada tahun 2017 penjualan yang dicatatkan hanya 33.858 unit saja, dan di tahun 2018 masih di kisaran 34.000-an unit, dan Honda masih menjadi pemegang kuasa dengan porsi sekitar 60%.

Honda Civic Hatchback RS diluncurkan di Indonesia, 6 Februari 2020 – dok.Motoris

Tampilan Civic RS
Honda memberikan beberapa sentuhan pemanis untuk merangsang Civic Hatchback tampil lebih berani. Nuansa sporty ditonjolkan melalu penambahan aero kit yang ditempel pada bagian depan dan belakang. Bagian samping dipercantik dengan side sill garnis.

Pada bagian belakang bumper dan diffuser baru serta aksen krom pada pipa knalpotnya menjadikan mencoloknya tampilan. Di bagian kaki-kaki, penggunaan pelek dua warna berukuran 17 inci mencuatkan tampilan.

Tampilan belakang Honda Civic Hatchback RS – dok.Motoris

Pada bagian interior jahitan merah yang ada pada jok, kemudi, sampai sarung transmisi dan knob menjadi ciri khas. Honda tak mengutak-atik sama sekali mesin 1.5L VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 173 PS pada 5.500 tpm dan torsi sebesar 22,4 kg.m.

HPM membanderolnya Rp 499 juta on the road Jakarta. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This