Awas Fortuner dan Pajero, MG Gloster Siap Menyerang

Awas Fortuner dan Pajero, MG Gloster Siap Menyerang
MG Gloster - dok.Zigwheels

New Delhi, Motoris – Merek asal Inggris Morris Gerage (MG)– yang sejak tahun 2008 lalu dibeli pabrikan asal Cina, SAIC Motor Corporation Limited – santer disebut segera menjajakan produknya di Indonesia, meski hingga kini belum ada keteranga resmi kapan dimulai. Tetapi yang pasti, di India, pabrikan ini cukup cukup agresif.

Seperti dilaporkan media lokal India seperti Autopoartal, Zigwheels, dan Ruslane, Senin (10/2/2020), MG Motor India memperkenalkan SUV anyar berlabel MG Gloster di hajatan India Auto Expo 2020 yang berlangsung 7 – 12 Februari. Kabarnya, SUV ladder frame itu bakal dijajakan di negeri itu mulai akhir tahun 2020.

Namun, belum ada informasi secara rinci soal spesifikasi SUV ini. Meski bisa dipastikan, dia menggunakan platform yang sama dengan SUV Maxus D90, sebuah merek yang juga berada di bawah naungan SAIC Motor.

Soal mesin pun juga masih diperkirakan. The Financial Express menyebut jika mengacu pada Maxus D90 yang merupakan basisnya, MG Gloster yang bakal bersaing ketat dengan Toyota Fortuner – dan tentu juga dengan Mitsubishi Pajero Sport itu – kemungkinan besar disuguhkan dalam dua varian mesin.

Mesin pertama berbahan bakar bensin 2.0 liter yang diimbuhi turbo. Sedangkan mesin varian kedua adalah mesin diesel yang juga berkasapitas 2,0 liter dengan imbuhan dua trubo alias biturbo.

MG Gloster mulai dijual di India akhir tahun 2020 – dok.Financial Express

Penyaluran semburan tenaga dari mesin ke roda dikabarkan menggunakan transmisi otomatis 6 tingkat percepatan. Tetapi, kabar lain menyebut juga ada keungkinan menggunakan transmisi otomatis ZF 8 tingkat percepatan.

Dari sejumah foto yang ada, terlihat SUV yang hadir dengan dua pilihan sitem penggerak – yakni Rear Wheel Drive (RWD) dan sistem penggerak 4×4 – ini menggunakan grill octagonal. Lampu utama LED dan dilengkapi DRL. Sementara, bagian kaki menggunakan pelek berukuran 19 inci. Berbagai unggulan ini menjadi modal MG Gloster untuk memikat hari konsumen sekaligus berhadapan dengan pesaing.

Sedangkan, jika MG terus menggempur pasar India dengan SUV, itu cukup beralasan. MG cukup gemilang mengawali kiprah di negeri itu dengan SUV. Model SUV yang menjadi amunisi awal pabrikan untuk menggempur pasar Negeri Sari itu – yakni MG Hector – terbilang sukses di pasaran.

Seperti dilaporkan laman Car and Bike, belum lama ini, sepanjang Juli hingga Desember penjualan MG Hector tercatat sebanyak 15.930 unit. Sebuah kinerja penjualan yang bagus, karena jumlah sebesar itu tercapai hanya dalam tempo enam bulanm yakni sejak bulan Juli 2019. Atau bahkan kurang, karena baru efektif berjualan di akhir Juli.

Tampilan belakang MG Gloster – dok.Rushlane.com

Laris 
Setali tiga uang dengan penjualan di Thailand. Seperti dilaporkan Bangkok Post beberapa wakru lalu, sepanjang tahun 2018, mobil MG di Negeri Gajah Putih itu laku 23.740 unit. Penjualan tersebut diklaim meroket hingga 97,6% dibanding tahun 2017.

Sedangkan di periode Januari – Agustus 2019, MG telah membukukan penualan sebanyak 16.747 unit. Jumlah itu diklaim meningkat 6,1% dibanding periode yang sama tahun 2018.

MG Motor bahkan juga dikabarkan segera merangsek pasar Indonesia. Merek ini bahkan sudah mulai penjajakan dengan mengimpor 50 unit SUV untuk digunakan sebagai model contoh, guna diperkenalkan ke masyarakat Indonesia.

MG Hector di India – dok.Autocar India

“MG Motor ini sudah mulai memperkenalkan produk atau tipe yang akan dicoba di Indonesia. Jadi mereka sudah minta izin impor CBU sejak Januari. Jumlahnya sekitar atau (malah) di bawah 50 unit,” tutur Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika yang ditemui usai konferensi pers kesiapan penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

CATEGORIES
TAGS
Share This