Cari Mobil Buat Lebaran? Di IIMS 2020 Ada Tukar Tambah

Cari Mobil Buat Lebaran? Di IIMS 2020 Ada Tukar Tambah
Ilustrasi berbagai varian mobil Suzuki di gerai Suzuki Auto Value, yang merupakan layana n tukar tambah mobil yang ditawarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales - dok.istimewa

Jakarta, Motoris – Hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang digelar pada 9 – 19 April nanti disebut menjadi momen yang strategi dan pas baik bagi produsen kendaraan melalui agen pemegang mereknya (APM) maupun masyarakat selaku konsumen, karena berlangsung menjelang lebaran 2020. Terlebih, di perhelatan itu sejumlah APM melayani pembeli dengan skema tukar tambah.

“Waktu pelaksanaan IIMS tahun ini, kebetulan pas menjelang lebaran dimana biasanya masyarakat di masa-masa menjelang hari raya itu banyak yang mencari kendaraan baru untuk pulang kampung atau kebutuhan lainnya. Oleh karena itu program trade-in (tukar tambah) dari APM itu, tepat sekali untuk dihadirkan. Apalagi, APM juga sudah banyak yang menyatakan ada program seperti itu, dan leasing (lembaga pembiayaan) juga banyak yang mendukung,” papar Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo – penyelenggara IIMS – Hendra Noor Saleh, saat ditemui usai pemaparan kesaiapan hajatan itu di Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Project Manager IIMS 2020 Rudy MF yang juga ditemui di tempat yang sama. Menurut dia, sejatinya program tukar tambah itu juga sudah disediakan oleh sejumlah APM pada saat IIMS 2029 lalu.

Hanya, lanjut Rudy, pada tahun ini keberadaan program tersebut akan sangat menarik karena menjelang lebaran. “Program trade-in ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin berganti mobil baru, dengan cara-cara yang ringan. Sebab, tidak sedikit orang yang ingin berganti mobil tetapi mau jual mobilnya yang ada masih susah. Karena itulah, kalau kita hadirkan program trade in akan memudahkan mereka,” papar dia.

Ilustrasi IIMS 2019 – dok.Motoris

Untuk prosesnya memang tergantung kepada masing-masing APM dan lembaga pembiayaan pendukungnya. Meski begitu, mereka diyakini tidak akan menerapkan persyaratan dan prosedur yang memberatkan.

Pada IIMS tahun 2020 ini, PT Dyandra selaku penyelenggara mematok target transaksi hanya Rp 5 triliun. Nilai yang sama dengan nilai transaksi yang terjadi pada IIMS 2019.

“Tren penjualan kendaraan roda empat sepanjang tahun lalu turun, meskipun di kendaraan roda dua masihm walaupun hanya naik tipis. Karena itu, kami mempertimbangkan kondisi yang ada itu. Kami coba realistis,” kata Rudy.

Faktanya, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang tahun 2019 lalu hanya 1.030.126 unit. Jumlah ini ambrol 10,6% dibanding penjualan sepanjang tahun 2018 yang sebanyak 1.151.413 unit.

Pengunjung IIMS antusias menanyakan skema pembelian yang ditawarkan MMKSI kepada petugas penjualan di booth Mitsubishi – dok.Motoris

Adapun penjualan kendaraan bermotor roda dua, seperti terungkap dari catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI), sepanjang tahun 2019 mencapai 6.487.460 unit. Kinerja penjualan ini naik 1,6% dibanding penjualan tahun 2018 yang sebanyak 6.383.108 unit.

Sekadar catatan, lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini jatih pada tanggal 24 – 25 Mei nanti. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This