Mahal Tapi Laris, MINI Clubman Versi Anyar Meluncur

Mahal Tapi Laris, MINI Clubman Versi Anyar Meluncur
MINI Clubman versi baru diluncurkan 14 Februari 2020 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – BMW Indonesia – yang juga membawahi merek MINI – Jumat (14/2/2020) kemarin meluncurkan versi baru dari MINI Clubman. Versi baru atau disebut New MINI Clubman ini terdiri dari dua tipe yakni MINI Cooper dan Cooper S yang dibanderol Rp 705 dan Rp 875 juta off the road.

Clubman yang tercatat sebagai varian MINI berbanderol mahal, ternyata cukup laris di Tanah Air. Lantaran itulah, untuk merawat dan memacu kinerja  varian yang  diklaim“didesain khusus untuk modern gentlemen “ ini MINI Indonesia meracik strategi melalui inovasi pembaruan atau penyegaran.  Ubahan itu disebut semakin mematri karakter khas Clubman sebagai tunggangan para lelaki.

Faktanya tampilan New MINI Clubman ini memang lebih kuat memancarkan aura maskulin. Setidaknya, ini terlihat dari gaya desain grill yang memanjang dan berbeda dengan versi sebelumnya, dimana grill-nya berbentuk bulat.  Untuk tipe Cooper S pada bagian mendapatkan  pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, serta emblem “S” berkelir merah.

Ubahan yang tak kalah kuat mencuatkan kesan maskulin juga terlihat dari pelek baru yang digunakan. MINI Cooper Clubman dilengkapi pelek Net Spoke black berukuran 17 inci dan MINI Cooper S Clubman dimodali pelek 18 inci bergaya Yours British Spoke 2-tone. Pelek-pelek tersebut dibalut ban run flat.

Sementara, di bagian interior gaya simpel dengan balutan lembaran kulit di sejumlah bagian yang merupakan ciri khas MINI. Gaya ini masih memancarkan aura maskulin itu. Meski, untuk mesin, masih seperti versi lawas yang berteknologi Mini TwinPower Turbo versi baru. Mesin ini masih cukup mumpuni.

Tampilan depan MINI Clubman versi anyar – dok.Motoris

Data spesifikasi yang tersaji menyebut, MINI Cooper Clubman mengusung mesin 1,5 liter tiga silinder bertenaga 136 hp dengan torsi 220 Nm. Dengan tenaga sebesar ini, tipe itu mampu berkaselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) atau 0-100 km/jam hanya dalam tempo 9,2 detik.

Adapun Clubman S dibekali mesin bensin 2,0 liter empat silinder bertenaga 192 hp dengan torsi 280 Nm sehingga mampu berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,2 detik.

Penyaluran tenaga ke roda dua mesin itu menggunakan transmisi dual clutch. Transmisi MINI Cooper Clubman adalah Steptronic 7-percepatan. Untuk MINI Cooper S Clubman transmisi sport Steptronic 7-percepatan.

“Dengan kehadiran versi penyegaran ini, kita melanjutkan kesuksesan MINI Clubman sebelumnya. Karena, walaupun secara harga cukup tinggi, ternyata cukup diminati. Salah satu buktinya, Clubman sempat menempati posisi ketiga penjualan,” papar Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania saat ditemui di sela acara peluncuran, di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020) tanpa merinci angka penjualan MINI Clubman tersebut.

Jodie hanya menegaskan bahwa sepanjang tahun 2019 lalu penjualan MINI di Indonesia sebanyak 700 unit. Jumlah ini diklaim melompat 34,6% dibanding penjualan tahun sebelumnya yang sebanyak 520 unit. Penjualan, sebut dia, ditopang oleh Mini Cooper Countryman dan Mini Cooper 3-Door.

Tampilan belakang New MINI Clubman 2020 di pasar Eropa – dok.Autoblog

Respon positif konsumen itu, lanjut Jodie, tak lepas dari kualitas produk dan layanan purna jual yang disajikan oleh MINI, melalui MINI Indonesia atau BMW Group Indonesia. Oleh karena itu, sebutnya, MINI juga terus tertantang bagaimana memberikan produk yang terbaik bagi konsumen.

“Ya, salah satunya dengan penyegaran yang semakin menguatkan ciri khas varian ini,” ucap Jodie.(Jgn)

CATEGORIES
TAGS
Share This