Pabrik Mau Ditutup, Civic Type R di RI Masih Diminati

Pabrik Mau Ditutup, Civic Type R di RI Masih Diminati
Ilustrasi, Honda Civic Type R dengan aksesoris resmi Australia - dok.Paultan.org

Jakarta, Motoris – Honda Motor Company beberapa waktu lalu telah menyatakan akan menutup pabriknya di Swindon, Inggris, pada tahun 2021 nanti. Padahal, selama ini PT Honda Prospect Motor (HPM) mengimpor Honda Civic Type R dari Inggris, dan hingga kini mobil tersebut masih diminati.

Data internal yang dirilis HPM, Jumat (14/2/2020) menunjukan, sepanjang Januari Honda Civic Type R terjual 1 unit. Penjualan yang hanya 1 unit tersebut tidaklah mengherankan. Pasalnya, harga mobil ini juga tak murah, yakni Rp 1,067 miliar.

Selain itu, di tahun-tahun sebelumnya, penjualan juga bisa dihitung dengan jari. Pada tahun 2018 misalnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, Honda Civic Type R laku 14 unit.

Asosiasi industri ini juga mencatat, sepanjang tahun 2017, impor mobil tersebut dari Inggris mencapai 52 unit. Mobil tersebut diimpor dalam wujud utuh (CBU). Mobil ini diluncurkan di pasar global pada Maret 2017 di hajatan Geneva Motor Show 2017.

Honda Civic Type R dengan aksesoris resmi di Australia – dok.Paultan.org

Honda membekalinya dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang mampu menyemburkan tenaga hingga 310 PS pada 6.500 rpm dengan torsi 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi manual 6 tingat percepatan. Honda menyuguhkan fitur tga mode berkendara di dalamnya, yakni +R, Sport, dan Comfort.

Meski diminati penggemar mobil sport di berbagai bean dunia, namun Honda Motor berniat menutup pabriknya. Seperti dilaporkan laman The Guardian, beberapa waktu lalu, pabrikan akan menurup pabrik di Swindon – yang memproduksi mobil itu – pada tahun 2021 nanti.

Namun, Presiden Direktur  Honda Motor Comapny Takahiro Hachigo menampik penutupan itu terkait dengan kebijakan Inggris yang keluar dari persekutuan Uni Eropa (Brexit).  “Tidak ada kaitan apapun dengan politik atau kebijakan dengan itu,” ucap dia.

Honda, lanjut dia, akan memfokuskan produksi mobil di wilayah yang memiliki penjualan lebih mencorong. Kemungkinan besar, produksi Honda Civic itu bakal dialihkan ke wilayah Amerika Utara (bisa Amerika Serikat, Kanada, atau Meksiko). (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This