Penjualan Truk Asal Cina FAW Terus Menanjak

Penjualan Truk Asal Cina FAW Terus Menanjak
Varian truk FAW dipamerkan di GIIAS 2018 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Senyap tapi terus bergerak, begitulah gambaran kinerja yang dicatatkan buatan pabrikan asal Cina – FAW Group Corporation – yakni FAW yang dipasarkan oleh PT Gaya Makmur Mobil (GMM). Setidaknya, itu bisa dilihat dari kinerja penjualannya dalam tiga tahun terakhir yang terus beranjak naik.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang tahun 2017 lalu, penjualan truk ini tercatat masih sebanyak 209 unit. Pada tahun berikutnya, naik menjadi 257 unit.

Dari jumlah itu, truk berat dengan bobot kosong lebih dari 24 ton, mendominasi penjualan dengan jumlah 243 unit. Sementara truk dengan bobot 10-24 ton terjual 4 unit, dan truk berbobot 5-10 ton laku 10 unit.

Jumlah penjualan kembali naik pada tahun 2019 kemarin. Data Gakindo menunjukan, penjualan ke diler (wholesales) truk besutan pabrikan asal Changchun, Cina, itu sebanyak 291 unit. Jumlah yang dijual langsung ke konsumen (ritel) pun sama, yakni 291 unit.

Ilustrasi, FAW Indonesia memberikan jaminan suku cadang dan pelatihan mekanik kepada perusahaan pembelinya – dok.Motoris

Penjualan FAW di sepanjang tahun itu jauh lebih banyak ketimbang penjualan yang dibukukan oleh truk asal Jerman, MAN. Truk buatan MAN Truck & Bus AG itu di saat yang sama hanya membukukan wholesales sebanyak 32 unit, dan penjualan ritel yang juga sama jumlahnya, 32 unit.

Direktur Utama GMM Bugie Laksmana, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya intensif menggarap sektor pertambangan, perkebunan, dan logistik dengan menyuguhkan truk-truk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. “Truk-truk kami mengadopsi teknologi dan menggunakan komponen truk-truk Eropa. Termasuk standar gas buangnya,” ujar dia.

Soal layanan purna jual, Bugie mengaku terus memperluas jaringan layanan purna jual, yakni service poin. Saat ini titik layanan tersebut telah berada di Sumatera dengan sebaran di Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pelembang, Lampung.

Tractorhead FAW diperkenalkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Di Pulau Jawa berada di Bekasi, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Tasikmalaya, Semarang, Pati, Solo, dan Surabaya. Kalimantan Selatanm disediakan di Banjarmasin.

Kalimantan Tengah, titik layanan itu ada di Palangkaraya, dan di Kalimantan Timur berada di Balikpapan dan Samarinda. Selain itu, GMM juga menghadirkannya di Sulawesi dan beberapa wilayah lainnya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This