Buka Tahun 2020, Toyota Rush Masih Teratas

Buka Tahun 2020, Toyota Rush Masih Teratas
Toyota All New Rush - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Mengawali tahun 2020, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih – baik penumpang maupun komersial – di Indonesia sepanjang januari menyusut 2,44% dibanding bulan yang sama tahun lalu. Namun, di kondisi seperti ini Toyota Rush masih mencatatkan diri sebagai penggenggam pangsa terbanyak alias terlaris di segmennya, Low Sport Utility Vehicle (Low SUV).

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang bulan pertama itu Toyota Rush terjual ke diler (wholesales) sebanyak 4.499 unit. Dia dibayangi pendatang baru yang diluncurkan 12 November 2019 – Mitsubishi Xpander Cross – yang terjual sebanyak 2.344 unit.

Setelahnya terdapat Daihatsu Terios yang terjual 1.387 unit. Kemudian Honda BR-V yang laku 302 unit dan DFSK Glory 560 yang terlego sebanyak 72 unit.

“Penjualan Rush terus berada di tren stabil. Terutama setelah generasi baru hadir. Generasi sebelumnya, penjualan per bulan sebanyak 2.000 unit, sekarang 4.000 – 5.000 unit per bulan. Dan memang, SUV itu menjadi tren global, tidak hanya terjadi di Indonesia saja,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimi Suwandy, saat dihubungi Motoris, Selasa (3/3/2020).

Xpander Cross – dok.Motoris

Fakta membuktikannya. Data yang dihimpun Gaikindo menunjukan, wholesales Toyota Rush pada Desember 2019 masih sebanyak 4.215 unit, dan Januari 2020 sudah menapak angka 4.499 unit. Artinya, di bulan pembuka tahun 2020 itu bertambah banyak 284 unit.

Soal prospek pertumbuhan, Anton meyakini segmen ini berada di koridor pertumbuhan positif. Selain faktor tren yang tengah terjadi hingga ke depan, rekam jejak geliat pasar SUV pun menunjukan fakta pertumbuhan itu.

Jika dilihat beberapa tahun lalu, lanjut dia, pangsa pasar SUV masih berada di kisaran 15%. Namun, saat ini berada di level 17 – 18%. Bahkan, di tahun 2020 ini, tak menutup kemungkinan bakal menjejak di angka 20%.

“Karena hadirnya model-model baru (Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7), harapannya market size (volume pasar SUV) juga meningkat,” ucap Anton. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS