Dipatenkan, Bebek Trail Honda CT125 Segera Diproduksi?

Dipatenkan, Bebek Trail Honda CT125 Segera Diproduksi?
Gambar Honda CT125, bebek berdaya scrambler versi produksi yang dajukan ke kantor hak paten Eropa- dok.Bennetts

Brussel, Motoris – Pada Oktober 2019 lalu Honda Motorcycles memamerkan konsep motor bebek trail atau bebek bergaya scrambler, Honda CT125, di hajatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019 sebagai salah satu cara memancing respon publik. Ternyata, indikasi respon positif terhadap motor ini lebih kuat ketimbang negatifnya.

Indikasi itu terlihat dari langkah pabrikan pembuat sepeda motor itu yang mendaftarkan hak patennya ke kantor hak paten wilayah Uni Eropa. Seperti dilaporkan laman Motorcycle dan Bennetts, Kamis (12/3/2020), pengajuan hak paten itu ditemukan di daftar pemohon hak paten di European Intellectual Property Office.

Tak hanya surat permohonan dan datanya saja yang terlihat, tetapi juga serangkaian foto dari motor tersebut. “Tampilannya mirip dengan konsepnya saat dipamerkan di Tokyo (TMS), namun memiliki perubahan meski tidak signfikan,” tulis Motorcycle.

Konsep Honda CT125 – dok.Honda

Ubahan itu terlihat pada knalpot yang diberi tambahan pelindung panas. Kemudian rangka yang diimbuhi plat pivot swingarm, serta kompartemen kecil pada rangka jok depan.

Selain itu perangkat suspensi, yakni garpu, juga sedikit berbeda dari konsepnya, karena fendernya yang lebih panjang. Selebihnya, tidak ada perbedaan yang mencolok

Honda CT125 disebut sebagai bagian dari keluarga Super Cub yang dirancang mampu melahap medan off-road. Motor ini menggunakan basis motor bebek – di Jepang dinamai Honda C100H (Hunter Cub) – yang kesohor di era 1960-an.

Di Amerika Serikat motor bebek itu dinamai C100T atau Trail 50. Di Negeri ini, motor tersebut juga banyak digemari sebagai sarana mobilitas di area terbatas.

Tetapi yang pasti, Honda C100H terus berkembang hingga beberapa dekade. Dan terakhir menjadi Honda CT110 atau yang di Australia dikenal sebagai ‘Postie Bike’. Proses produksi motor tersebut dinyatakan berhenti pada beberapa tahun lalu.

Hanya, hingga kini belum ada informasi soal nama yang bakal disematkan Honda Motor di  Honda CT125 baru itu jika kelak dia diproduksi. Dugaan yang mencuat kuat, motor itu diproduksi awal tahun 2021 nanti. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This