Ini Estimasi Harga Kawasaki Ninja 4-Silinder

Ini Estimasi Harga Kawasaki Ninja 4-Silinder
Kawasaki Ninja 250 Empat Silinder atau ZX-25R yang diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Salah satu sepeda motor yang sedang ditunggu masyarakat Indonesia, khususnya pecinta roda dua, adalah Kawasaki Ninja 250 4-silinder atau Kawasaki ZX-25R yang mulai bisa dipesan 4 April nanti.  Kabar pemesanan itu disebutkan dalam pengumuman resmi PT Kawasaki Motor Indonedia (KMI)  soal pembatalan acara Bike Week 2020 di Ancol, Jakarta Utara yang salah satu acaranya diisi dengan peluncuran motor tersebut.

Namun, di pengumuman yang disampaikan melalui akun instragram perusahaan itu dinyatakan, meski cara batal, para pecinta motor Kawasaki bisa melihat sekaligus memesan motor itu melalui diler resmi. Salah satunya, di diler Kawasaki yang berada di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Hanya soal harga, masih menjadi tanda tanya, karena KMI memang belum mengumumkannya. Meski begitu, estimasi harga bisa dilakukan dengan menghitung antara harga yang tertera di daftar yang dirilis pemerintah plus menambahkan beberapa kompoen lain yang lazim menyertainya.

Pernyataan resmi KMI terkait penundaan acara BikeWeek – dok.Istimewa

PT KMI diketahui telah mendaftarkan motor terbarunya itu ke Badan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, dan harganya sudah nongol di situs Samsat DKI Jakarta. Dalam situs itu terlihat, Kawasaki Ninja 250 4-silinder ini memiliki harga jual Rp 73,2 juta, dengan status off the road alias belum ditambah beberapa komponen perpajakan, retribusi, dan biaya lainnya.

Jika di hitung total  biaya Bea Balik Nama Kendaraan Berbotor (BBNKB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), SWDKLLJ, biaya penerbitan STNK, biaya administrasi STNK, biaya penerbitan BPKB, hingga biaya pembuatan TNKB baru, ada tambahan sekitar Rp 1 – 1.2 juta.  Alhasil, harga on the road motor ini diperkirakan Rp 74,2 – 74,4 jutaan.

“Kita akan luncurkan dalam waktu dekat, soal harga saya belum bisa berkomentar banyak,” tutur Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT KMI ketika dihubungi Motoris, Rabu (18/3/2020).

Kehadiran Kawasaki ZX-25R menjadi magnet tersebdiri bagi booth Kawasaki di TMS 2019 – dok.Motoris

Michael menjelaskan, antusias masyarakat Indonesia terhadap Ninja 250 4-silinder ini pun begitu tinggi. Sudah banyak yang tidak sabar ingin segera dijual di Indonesia, tetapi masih menunggu momen.

“Awalnya akan di Kawasaki Bike Week pertengahan tahun ini. Tetapi kondisinya seperti sekarang ini (pandemi virus corona), jadi masih dipertimbangkan lagi soal itu,” ungkap dia.

Selanjutnya, mengenai spesifikasi ZX-25R ini dipersenjatai dengan kaki-kaki yang lebih padat dan kekar. Suspensi depannya sudah menggunakan model upside down. Bagian belakang lengan ayun (swingarm) juga lebih besar, mirip dengan yang digunakan pada Ninja 400.

Kawasaki Ninja 250 Empat silinder yang diluncurkan di TMS 2019 juga bakal dibawa ke Indonesia – dok.Motoris

Bicara soal spesifikasi, menurutnya, antara versi yang dijajakan di pasar Jepang dengan pasar Indonesia memiliki sedikit perbedaan. Kemungkinan di bagian knalpot, karena Jepang termasuk negara yang ketat dengan polusi udara dan polusi suara.

“Pasti ada penyesuaian terutama menyesuaikan dengan kondisi dan juga regulasi di Indonesia tentunya,” kata Michael.(Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This