Lampu Rem Bermasalah, Ribuan Motor BMW Di-Recall

Lampu Rem Bermasalah, Ribuan Motor BMW Di-Recall
BMW R Nine T - dok.Motorcycle Specs

Washington, Motoris – Divisi kendaraan roda dua Bayerische Motoren Werke (BMW) – BMW Motorrad – telah mengumumkan penarikan (recall) terhadap 4.026 unit yang terdiri dari 15 varian motor buatannya. Ribuan unit motor itu dinyatakan mengalami masalah pada sistem lampu beakang atau lampu rem.

Seperti dilansir laman Visordown dan Motorcycles World, belum lama ini, pengumuman tersebut dimaklumatkan setelah Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) menerbitkan surat perintah untuk penarikan atas motor-motor yang bermasalah itu. Surat diterbitkan setelah petugas lembaga itu melakukan investigasi.

Disebutkan pula, keberadaan lampu belakang tersebut merupakan dari perangkat penting dalam keselamatan berkendara karena memberi isyarat bagi pengguna jalan lain, ketika sepeda motor mengerem atau akan berhenti. Adapun motor yang ditarik diketahui merupakan model anyar alias model tahun 2020.

Mereka terdiri dari BMW F 750 GS, BMW F 850 GS, BMW F 850 GS Adventure, BMW F 900 R, BMW F 900 XR, BMW R Nine T, dan BMW R Nine T Pure. Selain itu ada BMW R Nine T Scrambler, BMW S1000RR, BMW R 1250 GS, BMW R 1250 GS Adventure, BMW R 1250 R, serta BMW R 1250 S.

BMW S1000RR model 2020 – dok.Bobs’s BMW Motorycles

“Termasuk di dalam daftar itu terdapat BMW K 1600 B dan BMW S1000R model 2019 – 2020,” bunyi pengumuman BMW.

Sekadar catatan, model-model BMW yang ditarik ini memiliki fitur Emergency Stop Signal atau sinyal darurat melalui lampu rem kala pengendara melakukan pengereman mendadak. Permasalahan yang ditemukan saat ini, lampu tersebut berkedip (flashing) ketika pegereman dilakukan.

Padahal, sesuai dengan standar keamanan kendaraan di Amerika Serikat atau Federal Motor Vehicle Safety Standard (FMVSS) lampu rem harus tetap menyala ketika pengereman dilakukan. Sebab, potensi bahaya bisa terjadi karena menimbulkan persepsiyang salah arti, bahwa lampu berkedip sebuah isyarat motor tidak berhenti.

Lantas, apakah permasalahan serupa juga terjadi pada motor BMW yang telah dijual di Indonesia?. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This